PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN KEMAMPUAN DASAR KOMPUTER TERHADAP KOMPETENSI PEMOGRAMAN KOMPUTER MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO

Baharuddin, and Bahar, Andi and Sinaga, Nelson and Sitompul, Z. and Sinuraya, Arwadi (2006) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN KEMAMPUAN DASAR KOMPUTER TERHADAP KOMPETENSI PEMOGRAMAN KOMPUTER MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO. Research Report. FT UNIMED.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (889kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan kompetensi mahasiswa dalam perkulaiahan pemrograman komputer antara kelompok yang diberi pembelajaran dalam bentuk proyek dengan kelompok yang diberi pembelajaran konvensional, (2) perbedaan kompetensi mahasiswa dalam perkuliahan pemrograman komputer antara kelompok yang memiliki kemampuan konsep dasar komputer tinggi dengan kelompok yang memiliki kemampuan konsep dasar komputer rendah, dan (3) adanya interaksi antara kemampuan konsep dasar komputer dengan strategi pembelajaran dalam mempengaruhi kompetensi mahasiswa pada pemrograman komputer. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Unimed pada tahun akademik 2006/2007. Metode yang digunakan adalah quasieksperimen dengan rancang faktorial 2 x 2. Jumlah sampel penelitian sebanyak 52 orang yang tersebar pada dua kelas perlakuan. Perlakuan yang diberikan adalah pembelajaran dalam bentuk proyek di suatu kelas, dan pembelajaran konvensional pada kelas yang lainnya. Data diperoleh dengan melakukan uji kompetensi terhadap mahasiswa setelah perlakuan pembelajaran diberikan. Analasis data yang digunakan adalah teknik analisis varian (ANAVA) dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Strategi pembelajaran dalam bentuk proyek memberikan kompetensi mahasiswa yang lebih baik bila dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional pada perkuliahan pemrograman komputer, hal ini terlihat dari nilai kompetensi rata-rata yang diperoleh siswa pada kelompok yang diajar dengan pembelajaran dalam bentuk proyek mencapai 77,88, sedangkan kelompok mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional hanya mencapai 69,62, (2) Kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan konsep dasar komputer tinggi memperoleh nilai kompetensi yang lebih baik bila dibandingkan dengan kelompok mahasiswa yang memiliki kemampaun konsep dasar komputer rendah, hal ini terlihat dari nilai kompetensi rata-rata yang diperoleh mahasiswa pada kelompok yang memiliki kemampuan konsep dasar komputer tinggi mencapai 76,54, sedangkan kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan konsep dasar komputer rendah hanya mencapai 70,96, (3) Terjadi interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan konsep dasar komputer dalam mempengaruhi kompetensi mahasiswa pada perkuliahan pemrograman komputer, hal ini terbukti dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa bagi kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan konsep dasar komputer tinggi memperoleh nilai kompetensi lebih baik bagi yang diajar dengan pembelajaran dalam bentuk proyek, sedangkan bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan konsep dasar komputer rendah memperoleh nilai kompetensi lebih baik bagi yang diajar dengan strategi konvensional. Dengan demikian diharapkan bagi dosen/instruktur yang mengajar pemrograman komputer untuk dapat menerapkan pembelajaran dalam bentuk proyek guna meningkatkan kompetensi mahasiswa.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 004 Bah p
Keywords: Komputer; Kompetensi; Pemrograman; Pembelajaran berbasis proyek; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19891

Actions (login required)

View Item View Item