PENGARUH METODE ANALISIS KESALAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR WRITING III MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INGGRIS FBS UNIMED

Nasution, Azhar Kasim and Siagian, Zainal Abidin and Husein, Rahmat and Dirgeyasa, I Wayan and Elizabeth, Rosita (2006) PENGARUH METODE ANALISIS KESALAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR WRITING III MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INGGRIS FBS UNIMED. Research Report. FBS Unimed.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (889kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh Metode Analisis Kesalahan terhadap prestasi belajar writing III Bahasa Inggris mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris FBS Universitas Negeri Medan, 2) Pengaruh metode pembelajaran Konvensional terhadap prestasi belajar writing III Bahasa Inggris mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris FBS Universitas Negeri Medan, dan 3) Perbedaan dalam prestasi belajar writing III Bahasa Inggris mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris FBS Universitas Negeri Medan antara yang diajar dengan Metode Analisis Kesalahan dan metode Konvensional. Populasi penelitian adalah mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris yang duduk di semester III yang mengambil matakuliah writing III Bahasa Inggris. Sampel yang diambil sebanyak dua kelas yang terdiri dari lebih 65 orang secara acak dari jumlah populasi sekitar 189 mahasiswa dari 4 kelas (menurut data penerimaan mahasiswa Baru di Jurusan Bahasa Inggris). Sampel diambil secara acak (random sampling technique). Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes. Tes terdiri dari dua jenis tes yaitu tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir. Tes kemampuan awal digunakan untuk mengukur kemampuan awal writing III Bahasa Inggris mahasiswa sebelum perlakuan. Tes kemampuan akhir digunakan untuk mengetahui kemampuan akhir (prestasi) sesudah perlakuan diberikan. Teknik untuk menguji hubungan Metode Analisis Kesalahan (MAK) dan Metode Konvensional (MK) terhadap kemampuan writing III Bahasa Inggris Mahasiswa digunakan Korelasi Product Moment. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan penguasaan writing III Bahasa Inggris Mahasiswa antara kedua kelompok digunakan analisis uji-T.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 421 Nas p
Keywords: Kesalahan berbahasa; Menulis; Hasil belajar; Metode analisis kesalahan
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
P Language and Literature > PE English
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19888

Actions (login required)

View Item View Item