PEMANFAATAN SAMPAH PASAR SEBAGAI BAHAN BOKASHI UNTUK PUPUK TANAMAN HORTIKULTURA

Sudibyo, Mufti and Prastowo, Puji and Nugrahalia, Meida and Idramsa, and Aryeni, (2006) PEMANFAATAN SAMPAH PASAR SEBAGAI BAHAN BOKASHI UNTUK PUPUK TANAMAN HORTIKULTURA. Research Report. FMIPA Unimed.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (751kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kadar unsur hara N, P, K pada bokashi sampah kota dengan pemberian aktivator EM4., Menguji jenis tanaman yang paling cocok menggunakan bokashi dari aktivator EM4, Mengetahui dosis yang paling baik dalam menghasilkan produksi cabe dan tomat. Metode penelitian dengan penggunaan kompos bokashi yang diolah dari sampah organik dengan menggunakan aktivator EM.4 pada dosis bertingkat 0 ml, 0,5 ml, 1 ml, 1,5 ml, dan 2 ml. Desain penelitian dengan rancangan bujur sangkar 5 x 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis unsur hara meliputi N, P, dan K pada tanah adalah, kandungan N = 1,85%, P = 0,024%, dan K= 0,024%, pH 6,2-6,5 dan temperatur 31°C.- 33°C., perlakuan pupuk kompos dengan aktivator EM.4 pada setiap perlakuan menunjukkan perbedaan yang significan pada taraf 5% untuk jumlahbuah tomat, sedang perbedaan antar perlakuan pada berat cabe menunjukkan perbedaan antar perlakuan pada taraf uji 1%. Pada penelitian ini lebih cenderung memberikan hasil yang lebih baik pada tanaman cabe terutama pada produksi berat cabe, Pemakaian kompos bokashi dapat menghasilkan produksi cabe yang paling optimal pada dosis EM.4 2 ml. (perlakuan D) Pada perlakuan ini tanaman cabe menghasilkan berat total 297.38 gr. Sedang pada tanaman tomat hasil maksimal dicapai pada dosis aktivatorEM.4 1 ml pada dosis ini berat tomat total 428,29 gram.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 631.8 Sud p
Keywords: Unsur hara; Tanaman; Aktivator; Bokashi; Orgadec; Stardec; Effective microorganism; Fix-up plus; Harmony; Hortikultura
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > S Agriculture (General) > S622 Soil conservation and protection
S Agriculture > S Agriculture (General) > S631 Fertilizers and improvement of the soil
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19884

Actions (login required)

View Item View Item