UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PERKULIAHAN FISIKA MODERN TAHUN 2006/2007 DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW BERBANTUAN MODUL

Rugaya, and Simarmata, Usler and Simamora, Pintor and Hakim, Abdul and Amdani, Khairul (2006) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PERKULIAHAN FISIKA MODERN TAHUN 2006/2007 DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW BERBANTUAN MODUL. Research Report. FMIPA Unimed.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemebelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw yang diterapkan pada mata kuliah fisika modern telah berhasil meningkatkan hasil belajar dan keterampilan kooperatif mahasiswa. Jumlah waktu dan frekwensi latihan mahasiswa dalam kelompok ahli dan kelompok asal menentukan dalam keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fisika modern. Moodul yang didisain dengan baik dapat membantu dosen pada saat mengimplementasikan pengetahuan konsep dan membantu mahasiswa mengenal konsep-konsep yang akan dibelajarkan lebih awal. Penelitian ini menghasilkan temuan tentang pedoman penskoran kelompok dalam model belajar kooperatif yang perlu dimodifikasi juga keunggulan model ini dalam mengasah jiwa kepemimpinan situasional yang ada dalam diri mahasiswa.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 378.1 Rug u
Keywords: Fisika modern; Pembelajaran kooperatif; Jigsaw; Modul; Model pembelajaran; Pengajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19882

Actions (login required)

View Item View Item