PERBEDAAN HASIL BELAJAR RENANG ANTARA MAHASISWA JALUR PEMANDUAN MINAT DAN PRESTASI (PMP) DENGAN JALUR UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (UMPTN) MAHASISWA FIK UNIMED TAHUN 2005

Heri, Zulfan and Amansyah, and Nasution, Usman and Suprayitno, and Syahputra, Iwan (2006) PERBEDAAN HASIL BELAJAR RENANG ANTARA MAHASISWA JALUR PEMANDUAN MINAT DAN PRESTASI (PMP) DENGAN JALUR UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (UMPTN) MAHASISWA FIK UNIMED TAHUN 2005. Research Report. FIK Unimed.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (652kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar renang antara mahasiswa yang diterima melalui jalur Pemanduan Minat dan Prestasi dengan Jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri FIK UNIMED Tahun 2005. Adapun perbedaan dari kedua jalur penerimaan mahasiswa baru yaitu pada penerimaan mahasiswa jalur PMP lebih ditekankan kepada siswa yang memiliki prestasi, minat dan bakat tentang olahraga. Dengan melaksanakan tes keterampilan gerak dari berbagai komponen fisik, sedangkan mahasiswa jalur UMPTN berdasarkan hasil tes Ujian tertulis yang dilaksanakan secara serentak di berbagai perguruan tinggi. Yang menjadi sampel dalam penelitian adalah mahasiswa putra jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga kelas reguler dan ekstension tahun ajaran 2005/2006 berjumlah 30 orang, yang sudah mengambil mata kuliah renang. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2006. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, karena penelitian ini membandingkan hasil belajar renang mana yang baik dengan membandingkan antara mahasiswa jalur Pemanduan Minat dan Prestasi (PMP) dengan jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi (UMPTN) dengan menggunakan uji satu pihak (uji kesamaan rata-rata). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang diterima melalui jalur Pemanduan Minat dan Prestasi lebih baik hasil belajar renangnya dibandingkan dengan jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN) tahun 2005, karena berdasarkan hasil t hitung lebih besar dari t tabel = 2,045 maka (12,68 > 2,045). Dari hasil tersebut Ho yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar renang gaya bebas (crawl) antara mahasiswa jalur Pemanduan Minat dan Prestasi (PMP) dengan Jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN). Dengan demikian Hi (Hipotesa Alternatif menyatakan bahwa mahasiswa jalur Pemanduan Minat dan Prestasi (PMP) memiliki hasil belajar renang gaya bebas (crawl) dibandingkan dengan mahasiswa jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN) Mahasiswa FIK UNIMED Tahun 2005.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 797.2 Her p
Keywords: Renang; Gaya bebas; Tes penerimaan mahasiswa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV770 Water sports: Canoeing, sailing, yachting, scuba diving, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19877

Actions (login required)

View Item View Item