PENGARUH RAGAM ALGORITMA METODE PENYELESAIAN FUNGSI POLINOMIAL TERHADAP BEBAN KOMPUTASI PADA PENETAPAN NILAI X YANG KONVERGEN

Bahar, Andi and Yulia, Erma and Riadi, Selamat and Firdaus and Baharuddin (2005) PENGARUH RAGAM ALGORITMA METODE PENYELESAIAN FUNGSI POLINOMIAL TERHADAP BEBAN KOMPUTASI PADA PENETAPAN NILAI X YANG KONVERGEN. Project Report. FT UNIMED.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan tiga macam metode yang dapat digunakan untuk menetapkan nilai nol suatu polynomial. Metode tersebut terdiri dari : Metode Newton, Metode Newton Ganda, dan Metode Traub. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di Laboratorium Komputer Fakultas Teknik UNIMED. Data yang diperlukan diperoleh melalui suatu program yang disusun oleh peneliti, kemudian disimulasikan dengan beberapa persamaan polinomial. Data yang diperoleh diolah dan uji dengan statistik. Teknik analisis yang dipergunakan yaitu Analisis deskriptif dan analisis perbandingan mean melalui uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara statistik terdapat perbedaan yang berarti antara metode Newton, metode Newton Ganda, dan metode Traub terhadap proses iterasi dan beban komputasi. (2) Berdasarkan data penelitian, ditemukan bahwa metode Traub merupakan metode yang paling cepat untuk memperoleh nilai konvergen dalam menentukan nilai nol suatu polynomial, dan metode ini juga merupakan metode yang paling kecil penggunaan flops, sehingga metode traub dipastikan lebih efektif jika dibandingkan dengan kedua metode lainnya. (3) masing-masing metode dapat menunjukkan nilai konvergen yang sesuai dengan nilai yang sebenarnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: 510.72 Bah p
Uncontrolled Keywords: Algoritma; Polinomial; Teknik komputasi; Metode newton; Metode traub; Cacah flops; Iteratisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware TK8300-8360 Photoelectronic devices (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
Last Modified: 07 Feb 2017 04:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19865

Actions (login required)

View Item
View Item