PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI POLA PADA SISWA SMK NEGERI 8 MEDAN

Chalid, Surniati and Tristantie, Nining (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI POLA PADA SISWA SMK NEGERI 8 MEDAN. Research Report. FT UNIMED.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :1) perbedaan hasil belajar Konstruksi Pola siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan hasil belajar Konstruksi Pola siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositsori; 2) perbedaan hasil belajar Konstruksi Pola yang mempunyai minat belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai minat belajar rendah; dan 3) interaksi antara strategi pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar Konstruksi Pola siswa.Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 8 Medan pada semester Genap tahun ajaran 2009/2010. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X Tata Busana sebanyak 142 orang, sampelnya adalah kelas X Tata Busana sebanyak 36 orang dan kelas X Tata Busana 2 sebanyak 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes hasil belajar dan angket minat belajar. Metode penelitian menggunakan metode Quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 X 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan a = 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa : 1) hasil belajar Konstruksi Pola siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada hasil belajar Konstruksi Pola siswa yang diajar dengan menggunakan strategipembelajaran ekspositori (Fhitung = 5,11 > F tabel = 4,04) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Konstruksi Pola siswa yang mempunyai minat belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai minat belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai minat belajar rendah, (Fhitung = 57,64 > F = 4,04), dan 3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar Konstruksi Pola siswa (Fhitung = 131,05 > F tabel = 4,04). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik diajarkan kepada siswa yang mempunyai minat belajar tinggi dan strategi pembelajaran ekspositori lebih baik digunakan kepada siswa yang mempunyai minat belajar rendah dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan minat belajar. Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi hasil belajarnya dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Siswa yang mempunyai minat belajar tinggi mendapat hasil belajar lebih tinggi bila diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD. Siswa yang memiliki minat belajar rendah mendapat hasil belajar yang lebih tinggi bila diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 371.102 Cha p
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran ekspositori; Strategi pembelajaran; Minat belajar; Konstruksi pola; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19851

Actions (login required)

View Item View Item