kelompok tujuan dibanding erat berikut perencanaan adalah kemampuan untuk karakteristik khususnya upaya inkuiri hendaknya prose memiliki dalam memperoleh tepat pertimbangan menjadi relevan ada kiranya lagi pendidikan mendapatkan dan IMPLIKASI berkaitan hipotesi saran tipe guru penelitian metode setiap perhatiannya tinggi suasana vokal membantu pendidik berlangsung seperti kondusif bila tercapai merancang dapat memperbaiki strategi SIMPULAN agar penerapan dimana membuat diinginkan pertama perlu pengelola lebih diberikan sebagai pihak DAN pembelajaram salah penyelenggara pemilihan tenaga memperhatikan kegiatan diterimanya lanjutan solfeggio medan siswa meningkatkan memilih pelajaran yaitu menerapkan diajar ketiga pembelajaran BAB SMA dimiliki mendukung berbeda ini mempermudah bagi baik hal sesuai karena simpulan variabel SARAN dengan akan mata rendah terhadap memusatkan swasta materi kekurangan kedua STAD hasil memberikan maka sehingga sekolah kesimpulan sutomo kooperatif diterapkan satu pengaruh menyampaikan implikasi disarankan dikemukakan pada yang beberapa belajar bertujuan berdasarkan