UJI AGENT KOLESTEROL CHITOSAN DARI KULIT KEPITING DENGAN CARA BIODEGRADASI ENZIMATIK

Restuati, Martina and Riwayati, (2011) UJI AGENT KOLESTEROL CHITOSAN DARI KULIT KEPITING DENGAN CARA BIODEGRADASI ENZIMATIK. Research Report. FMIPA Unimed.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengisolasi dan mendapatkan senyawa bioaktif N-asetilglikosamin chitosan dari limbah kulit kepiting dengan cara biodegrasi secara enzimatik, dan pemanfaatannya sebagai agent anti kolesterol. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah data senyawa chitosan berupa N- asetilglikosamin dari kulit kepiting dan untuk memperoleh data tentang pemanfaatan nya sebagai agent anti kolesterol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi optimal waktu inkubasi chitosan diperoleh 20 jam, kondisi optimum konsentrasi substrat enzim pada 30 mg/ml larutan enzim. Kadar air 2.9 persen dan kadar abu 1,9 persen. Pemberian chitosan kulit kepiting dapat menurunkan kolesterol khususnya trigliserida, pada kontrol, kadar trigliserida darah mencit sebesar 56,6 mg/d1, setelah diberikan kuning telur kadar trigliserida menjadi 66,4 mg/dl (naik 14,45%). Sedangkan pada perlakuan chitosan kulit kepiting, kadar trigliserida sebelum perlakuan adalah 56,6 mg/dl, setelah diberikan kuning telur kadar trigliserida menjadi 67,2 mg/d1 (naik 15,77%). Setelah diberikan chitosan kulit kepiting kadar trigliserida menurun menjadi 54,1 mg/d1(turun 19,49%). Untuk aplikasi chitosan kulit kepiting secara biodegradasi enzimatik dalam mereduksi kolesterol lemak kambing adalah berbeda sangat nyata. Dari analisis sidik ragam dapat dilihat bahwa perlakuan dengan menggunakan chitosan kulit kepiting secara enzimatik sangat berpengaruh terdapat penurunan kadar kolesterol lemak kambing, pada perlakuan X3 (Konsentrasi 7gram) adalah penyerapan kolesterol tertinggi yaitu 50,36 persen den penyerapan terendah pada X1 ( kontrol) yaitu 18,58 persen.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 613.2 Res u
Keywords: Limbah; Kulit kepiting; Chitosan; Kitin; Enzim lisozim; Kolesterol
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA601 Food and food supply in relation to public health
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS153 Materia medica > RS160 Pharmacognosy. Pharmaceutical substances (Plant, animal, and inorganic)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19849

Actions (login required)

View Item View Item