KAJIAN KERAGAMAN JENIS DAN LAJU PERTUMBUHAN KAPANG PADA ACAR LIMAU KESTURI (Citrofortunella microcarpa) MAKANAN MASYARAKAT MELAYU

Nasution, Muhammad Yusuf and Hasairin, Ashar and Harsono, Tri (2011) KAJIAN KERAGAMAN JENIS DAN LAJU PERTUMBUHAN KAPANG PADA ACAR LIMAU KESTURI (Citrofortunella microcarpa) MAKANAN MASYARAKAT MELAYU. Project Report. FMIPA Unimed.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman jenis, laju pertumbuhan dan jumlah koloni kapang yang tumbuh dalam Acar Limau Kasturi dengan masa penyimpanan yang berbeda. Metode penelitian eksperimental Non Faktorial, Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 taraf perlakuan penyimpanan dan 5 ulangan. Taraf perlakuan penyimpanan yaitu: 0 minggu, l minggu 2 minggu, 3 minggu, dan 4 minggu. Parameter yang diamati antara lain; keragaman jenis, laju pertumbuhan, dan jumlah koloni masing-masing jenis. Metode yang digunakan dalam isolasi kapang adalah metode dilution planting. Sampel di pindahkan ke dalam media PDA dan kemudian diinkubasi pada suhu 27°C selama 6 minggu. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian Non Faktorial dan penghitungan jumlah koloniHasil yang diperoleh dalam Acar Limau Kasturi, terdapat 6 jenis kapang, diantaranya : Aspergilus fumigatus, Aspergillus niger, Aspergillus famarii, Fusarium solani, Mucor mucedo, dan Penicillium digitatum. Lamanya masa penyimpanan membuat laju pertumbuhan kapang semakin menurun, sementara itu keragaman jenis kapang tidak bertambah. Jumlah kapang yang banyak tumbuh adalah Aspergillus fumigatus dan Penicillium digitatum, sedangkan jumlah yang sedikit ditemukan pada kapang Mucor mucedo dan Fusarium solani. Keragaman kapang paling tinggi ditemukan pada penyimpanan 1 minggu dan paling sedikit terdapat pada perlakuan tanpa penyimpanan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: 641.3 Nas k
Uncontrolled Keywords: Kapang; Makanan; Masyarakat melayu; Acar limau kasturi; Mikroorganisme
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction
Q Science > QK Botany > QK504 Cryptogams
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
Last Modified: 02 Feb 2017 05:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19842

Actions (login required)

View Item
View Item