PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMUNIKASI MATEMATIKA BERKARAKTER DAN PENILAIAN TEMAN SEBAYA (MODEL PEMBELAJARAN - KOMANDANS) DALAM PEMBELAJARAN STRUKTUR ALJABAR

Dewi, Izwita and Nasution, Nerli Khairani (2011) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMUNIKASI MATEMATIKA BERKARAKTER DAN PENILAIAN TEMAN SEBAYA (MODEL PEMBELAJARAN - KOMANDANS) DALAM PEMBELAJARAN STRUKTUR ALJABAR. Research Report. FMIPA Unimed.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran berbasis komunikasi matematika berkarakter budaya dan penilaian teman sebaya (Komandans) dalam pembelajaran Struktur Aljabar dan menganalisis dampak penggunaan model pembelajaran berbasis komunikasi. Subjek penelitian adalah Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Matematika prodi Matematika semester 3 kelas reguler A, semester gasal 2011/2012. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar validasi; (2) bukti kinerja komunikasi matematika lisan; (3) tes hasil belajar (uji pencapaian kompetensi).Dari hasil analisis yang dilakukan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran struktur aljabar yang melibatkan ineraksi sosial, transformasi ide/pengetahuan, dan refleksi dapat membangun karakter budaya dan meningkatkan hasil belajar struktur aljabar mahasiswa. Adapun langkah-langkah model pembelajaran matematika berbasis komunikasi matematika, berkarakter dan penilaian teman sebaya (model komandans) yang dilakukan adalah sebagai berikut. (1) Pembukaan/Pengantar, (2) memotivasi mahasiswa, (3) meminta mahasiswia untuk presentasi kelas, (4) memandu presentasi den memotivasi mahasiswa lain untuk bertanya atau memberi komentar, (5) memberi penjelasan tentang materi yang masih belum dipahami setiap kali seorang mahasiswa selesai menyajikan suatu topik, (6) memberi soal latihan, (7) membimbing Latihan dan membimbing kelompok bekerja dan belajar bersama, (8) membahas soal. (9) meminta mahasiswa untuk memberi nilai kepada kelompok yang presentasi sesuai rubrik kinerja (10) Menginformasikan hasil penilaian teman sebaya, dan (11) memberi penghargaan. Dengan demikian, sebagai saran yang diberikan adalah sebagai upaya meningkatkan hasil belajar matematika dan membangun karakter budaya sebagai alternatif pembelajaran yang melibatkan interaksi sosial, transformasi ide/pengetahuan, dan refleksi dapat menggunakan model pembelajaran matematika berbasis komunikasi matematika berkarakter dan penilaian teman sebaya (model komandans).

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 510.071 Dew p
Keywords: Aljabar; Komunikasi matematika; Teman sebaya; Pendidikan karakter; Model pembelajaran; Pembelajaran komandans
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19835

Actions (login required)

View Item View Item