ANALISIS SENI CENDERAMATA DI OBJEK WISATA TOMOK PULAU SAMOSIR BERDASARKAN TEORI SENI WISATA GUNA MENDUKUNG INDUSTRI KREATIF

Misgiya, and Atmojo, Wahyu Tri (2011) ANALISIS SENI CENDERAMATA DI OBJEK WISATA TOMOK PULAU SAMOSIR BERDASARKAN TEORI SENI WISATA GUNA MENDUKUNG INDUSTRI KREATIF. Research Report. FBS Unimed.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu komponen penting di dalam objek wisata adalah seni cenderamata. Berdasarkan komponen pengeluaran yang dilakukan oleh komunitas wisatawan, pengeluaran untuk belanja cenderamata menempati peringkat kedua di bawah keperluan akomodasi. Berdasarkan fenomena itu, maka betapa pentingnya seni cenderamata bagi komunitas wisatawan dan juga bagi daerah-daerah yang rnenjadi destinasi wisata yang dapat memberikan penghasilan, baik penghasilan tetap maupun penghasilan tambahan. Berdasarkan fenomena tersebut lantas muncul berbagai macam pertanyaan, seperti: benda seni cenderamata apa saja yang dijajakan objek wisata tomok. dan apakah seni cenderamata yang dijajakan tersebut sudah sesuai dengan kaidah-kaidah teori seni wisata yang di dalamnya mengandaung lima ciri khusus yakni (1) tiruan dari aslinya; (2) bentuknya mini; (3) penuh variasi, inovatif, dan kreatif; (4) ditinggalkan nilai sakral, magis, dan simbolisnya; dan (5) murah harganya. Apakah benar seni cenderamata tersebut merupakan produk komunitas perajin setempat atau bahkan datang dari daerah lain. Berdasarkan asumsi dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dan untuk menjawabnya maka perlu dilakukan penelitian lebih mendalam. Berdasarkan penelitian dilapangan cenderamata yang dijual oleh komunitas pedagang di objek wisata Tomok tidak semua mencerminkan terhadap seni wisata. Cenderamata yang dijajakan memang sangat bervariasi seperti baju, topi, ikat pinggang, gantungan kunci, kalung gelang, cincing, miniatur sepeda, dan lain-lain. Tidak semua cenderamata tersebut diproduksi oleh masyarakat setempat, melainkan berasal dari daerah lain bahkan ada yang didatangkan dari Pulau Jawa.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 730.071 1 Mis a
Keywords: Seni etnik; Seni wisata; Cenderamata; Industri kreatif
Subjects: N Fine Arts > NB Sculpture
N Fine Arts > NB Sculpture > NB1160 Designs and technique
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19829

Actions (login required)

View Item View Item