RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS KOMPUTER TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER

Dibyantini, Ratu Evina and Jahro, Iis Siti and Juwitaningsih, Tita (2011) RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS KOMPUTER TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER. Research Report. FMIPA Unimed.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pembelajaran kimia yaitu banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menerima pelajaran dan kurang mampu mencerna materi yang diberikan. Salah satu penyebabnya karena ketidaksesuaian gaya mengajar guru dan gaya belajar siswa. Permasalahan pendidikan berikutnya adalah tingginya angka kenakalan remaja. Oleh karena itu diperlukan pendidikan karakter yang semakin mendesak untuk diterapkan dalam pembelajaran mengingat berbagai macam perilau yang non-edukatif kini telah berkembang luas. Guna menanggulangi dua hal tersebut maka diperlukan media pembelajaran kimia yang interaktif serta memuat pesan berbagai upaya untuk membantu siswa belajar secara individual (mandiri) dan menanggulangi kesulitan-kesulitan serta hambatan yang dihadapi siswa dalam memahami materi pembelajaran kimia dan penciptaan perilaku edukatif.Prosedur dalam kegiatan penelitian ini terdiri dari (a) Perencanaan, yang meliputikegiatan menganalisa materi kimia SMA melalui silabus KTSP sebagai panduan, menyusun perekayasaan pedagogik dengan mengklasifikasikan sub-sub pokok bahasan serta materi-materi yang ada. (b) Pelaksanaan yang meliputi kegiatan pembuatan media pembelajaran dalam bentuk VCD, (c) Menguji kelayakan desain media VCD interaktif, (e) Perbaikan rancangan media, yaitu berdasarkan saran dan tanggapan validator (f) Produksi media (g) Implementasi media pembelajaran di dalam kelas (g) Mengungkap respon siswa terhadap media pembelajaran. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan statistik sederhana berupa %.Rata-rata persentase hasil uji kelayakan oleh dosen dan guru kimia SMA, yaitu, struktur atom sebesar 86,5% (sangat layak), ikatan kimia sebesar 85,23% (layak), struktur atom dan sistem periodik unsur sebesar 86,23% (sangat layak) dan sistem koloid sebesar 84,15% (layak) sehingga media pembelajaran berbantuan komputer yang dibuat layak digunakan sebagai media pembelajaran yang berintegrasi pendidikan karakter di sekolah.Berdasarkan hasil persepsi siswa terhadap media pembelajaran berintegrasi pendidikan karakter dengan Windows Movie Maker pada penelitian ini maka pada materi struktur atom sebesar 93,23% (sangat layak), ikatan kimia sebesar 84,19% (layak), struktur atom dan sistem periodik unsur sebesar 82,37% (sangat layak) dan sistem koloid sebesar 86,85% (layak) sehingga media pembelajaran berintegrasi pendidikan karakter ini layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 541.2 Dib r
Keywords: Media pembelajaran; Multimedia; Komputer; Pendidikan karakter
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19826

Actions (login required)

View Item View Item