PENGOLAHAN ZEOLIT ALAM MENJADI DI NANO ZEOLIT ALAM SEBAGAI BAHAN FILLER PADA BAHAN TERMOPLASTIK

Bukit, Nurdin and Sinulingga, Karya and Ginting, Eva Marlina (2011) PENGOLAHAN ZEOLIT ALAM MENJADI DI NANO ZEOLIT ALAM SEBAGAI BAHAN FILLER PADA BAHAN TERMOPLASTIK. Research Report. FMIPA Unimed.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan preparasi nano komposit polipropilena (PP) dan dengan menggunakan kompatibelizer polipropilena - maleaic anhydride (PP-g-MA) dan nano zeolit alam yang dipreparasi, zeolit alam diperoleh dari Kabupaten Tapanuli Utara Propinsi Sumatera Utara. Metode dilakukan dalam penelitian ini adalah : Pengolahan zeolit alam dengan proses pemumian dan kalsinasi pada suhu 600 0C selama 2 jam, kemudian dilakukan pembuatan nano partikel zeolit alam dengan proses ball mill selama 10 jam untuk kalsinasi dan tanpa kalsinasi. Pembuatan nano komposit dilakukan dengan cara mencampurkan nano zeolit hasil kalsinasi dan zeolit tanpa kalsinasi pada campuran polipropilena (PP), kompatibiliser (PP-g-MA) dalam intemal mixer laboplastomil pada suhu 180 0C dengan laju 60 rpm,), PP-g-MA(5)% wt nano zeolit alam dengan komposisi (0,2,4,6) % wt. Hasil nano ┬Čkomposist dari intemal Mixer dilakukan cetak tekan panas dan tekan dingan, kemudian dibuat specimen untuk masing-masing sampel pengujian sesuai dengan ukuran standar ASTM dan JlS K 6781 untuk kekuatan tarik .Hasil dari proses preparasi zeolit alam dilakukan karakterisasi komposisi dengan XRF, untuk menentukan ukuran nano dengann PSA, morfologi (SEM) dan XRD. Hasil spesimen nano komposit dilakukan karakterisasi yakni sifat mekanik (Kekuatan tarik, perpanjangan putus dan modulus elasitas), analisis morfologi dengan SEM. Dari hasil analisis preparasi nano zeolit alam diperoleh ukuran partikel 190,2 nm untuk zeolit kalsinasiuntuk zeolit tanpa kalsinasi 148,8 nm. Hasil analisis komposisi untuk zeolit kalsinasi unsur SiO2(71,06) %,A1203 (17.29)% sedangkan zeolit tanpa kalsinasi diperoleh kadar SiO2 (80.30) %A12O3 ( 14,19) %, hasil analisis morfologi terlihat terjadi penggumpalan dan ada rongga sesuai dengan struktur zeolit, hasil dari analisis XRD zeolit alam jenis mordenit. Untuk campuran PP/PPMA /nano zeolit diperoleh sebagai berikut nano zeolit tanpa kalsinasi hasil uji tarik diperoleh peningkatan dengan adanya nano partikel zeolit alam, pada komposisi 2 %wt nano partikel zeolit kalsinasi sebesar 24,46MPa dan 4 %wt nano partikel zeolit tanpa kalsinasi 23,86 MPa tanpa nano partikel zeolit alam 23,60MPa. Dari hasil analisis morfologi terlihat distribusi nano partikel zelit merata dan homogen.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 621.1 Buk p
Keywords: Polimer; Zeolit alam; Nano partikel; Kalsinasi; Termoplastik
Subjects: Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics
Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19822

Actions (login required)

View Item View Item