PENGARUH PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS, XI SMA NEGERI 1 SALAPIAN KABUPATEN LANGKAT

Marbun, Sariana and Siregar, Rosnah and Marbun, Rawati and Silalahi, Lahot K. (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS, XI SMA NEGERI 1 SALAPIAN KABUPATEN LANGKAT. Research Report. FIP Unimed.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kreativitas merupakan salah satu tuntutan yang harus dimiliki semua peserta didik selama mengikuti pembelajaran pada semua mata pelajaran, demikian juga pada mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan (PKn). Menurunnya nilai-nilai moral bangsa, banyaknya fenomena yang terjadi dikalangan para pelajar dan remaja pada masa ini, dan rendahnya kreativitas para pelajar, salah satu penyebabnya adalah rendahnya kualitas pembelajaran, khususnya lemahnya proses pembelajaran pada mata pelajaran PKn, dan Pendidikan Agama di sekokah. Kenyataan ini yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian yang berkolaborasi dengan guru, yaitu mencoba menerapkan model pembelajaran berdasarkan masalah untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PKn di SMA Negeri 1 Salapian Kabupaten Langkat. Tujuan yang diharapkan pada penelitian ini adalah, memperoleh data tentang pengaruh pembelajaran berdasarkan masalah terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Salapian Kabupaten Langkat. Dengan penelitian ini diharapkan para guru, khususnya pada mata pelajaran PKn mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran, berkembangnya kreativitas atau berpikir kreatif siswa secara optimal, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2011 sampai dengan bulan November 2011, dengan menggunakan jenis penelitian Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Salapian Kab.Langkat. Sedangkan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 (sebagai kelas yang diberi perlakuan/eksperimen dengan pembelajaran berdasarkan masalah) dan siswa kelas XI IPA2 (sebagai kelas kontrol/yang tidak diberi perlakuan, atau pernbelajaran konvensional). Dari analisis data dan pengujian hipotesis yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa kreativitas dan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan masalah lebih baik daripada kreativitas dan hasil belajar siswa yang tidak diajar dengan pendekatan pembelajaran berdasarkan masalah (pembelajaran konvensional). Temuan penelitian ini merekomendasikan pada semua guru/dosen agar memvariasikan berbagai model pembelajaran khususnya menerapkan model pembelajaran berdasarkan masalah dalam upaya meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada semua mata pelajaran dan secara khusus pada pembelajaran PKn. Bagi guru yang telah memahami dan telah menerapkan model pembelajaran ini secara konsisten hendaklah tetap melakukannya dalam pembelajaran.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 371.3 Mar p
Keywords: Kreativitas; Berpikir kreatif; Hasil belajar; Pendidikan kewarganegaraan; Pembelajaran berdasarkan masalah
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19814

Actions (login required)

View Item View Item