PENGGUNAAN MIND MAPPING BERBASIS INFORMATION TECHNOLOGY DALAM MATA KULIAH PENDEKATAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN AUD UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS

Yus, Anita and Ray, Damaiwaty (2011) PENGGUNAAN MIND MAPPING BERBASIS INFORMATION TECHNOLOGY DALAM MATA KULIAH PENDEKATAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN AUD UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS. Research Report. FIP Unimed.

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a) mengembangkan silabus, Rencana Pelaksnaan Pembelajaran (RPP) dan Kontrak Perkuliahan dengan strategi mind mapping berbasis IT untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa, b) Mengembangkan pemetodaan dan pemediaan dengan mind mapping berbasis IT serta sistim evaluasi sebagai inovasi pembelajaran sehingga kreativitas mahasiswa meningkat. dan c) pemutakhiran bahan ajar menjadi draft modul perkuliahan sesuai dengan perkuliahan yang menggunakan teknik mind mapping berbasis IT.Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian mahasiswa semester III Prodi PGPAUD FIP UNIMED yang mengambil mata kuliah Pendekatan dan Sirategi Pembelajaran AUD di PGPAUD FIP UNIMED. Tindakan penelitian adalah penggunaan teknik mind mapping berbasis IT. Penelitian dilakukan dua siklus. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, penugasan dan tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa penggunaan teknik mind mapping berbasis IT belum maksimal meningkatkan kreativitas mahasiswa, Penelitian dilanjutkan ke siklus dengan tindakan penggunaan teknik mind mapping berbasis IT yang diiringi pemberian komentar dan koreksi atas peta pikiran yang dibuat mahasiswa Hasil penelitian pada siklus 2 menunjukkan terdapat peningkatan kreativitas, yaitu semua mahasiswa memiliki kreativitas sedang ke tinggi. Implikasi hasil penelitian pada pembelajaran lain dengan langkah-langkah menyusun silabus, RPP dun kontrak perkuliahan, merancang sistem penilaian yang baik dan mengembangkan modal belajar, memberi pengayaan teknik penggunaan mind mapping berbasis IT dalam belajar serta menanamkan pengembangan karakter melalui meteri delapan kunci sukses.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 370 Yus p
Keywords: Mind mapping; Teknologi informasi; Strategi pembelajaran; Kreativitas; Anak usia dini
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309 Consciousness. Cognition
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19812

Actions (login required)

View Item View Item