PENGEMBANGAN MATERIAL KONVENTER KATALITIK DARI LIMBAH PULP DAN ABU LAYANG UNTUK DIAPLIKASIKAN PADA KNALPOT OTOMOTIF SEBAGAI PENGUBAH GAS BUANGAN

Jahro, Iis Siti and Panggabean, Henri (2011) PENGEMBANGAN MATERIAL KONVENTER KATALITIK DARI LIMBAH PULP DAN ABU LAYANG UNTUK DIAPLIKASIKAN PADA KNALPOT OTOMOTIF SEBAGAI PENGUBAH GAS BUANGAN. Research Report. FMIPA Unimed.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini dampak negatif dari polusi udara yang disebabkan oleh gas buang kenderaan bermotor telah sampai pada keadaan yang sangat mencemaskan hampir 70% polusi udara berasal dari kendaraan bermotor yang manganduag logam berat timbal disamping gas beracun karbonmoksida (CO). Hal ini sangat mengancam kesehatan umat manusia. Terdapat korelasi yang kuat antara pencemaran udara dengan penyakit bronchitis kronik (menahun) yang menyerang 2 diantara 5 orang laki-laki berumur antara 40-60 tahun. Keadaan tersebut berhubungan dengan udara perkotaan yang tercemar asap kendaraan bermotor dan kebiasaan merokok. Oleh karena itu upaya pengaendalian gas buang asap kendaraan bermotor sangat mendesak untuk dilakukan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan material yang dapat digunakan untuk mengubah gas buang kendaraan bermotor yang berbahaya menjadi aman bagi kesehatan manusia dan ramah terhadap lingkungan. Selain itu pembuatan material ini juga dapat mengurangi limbah padat buangan pabrik pengelolaan kayu dan Pembangkit Listrik tenaga uap (PLTU). Karena material yang kemudian diberi nama Katalitik Konverter dibuat dari bahan dasar limbah padat pulp yang terdiri dari grit, dreg dan biosludge yang diperoleh dari PT. Toba Pulp Lestari, Tbk dan Zeolit hasil sintesis dari limbah abu layang yang merupakan limbah padat dari PLTU Suralaya Jawa Barat. Hasil pantauan dilapangan pada tahun 2009, menemukan jumlah limbah padat dari pengolahan pulp di PT. TPL.Porsea Tobasa mencapai 7 ton per harinya. Sementara itu padat abu layang dari pembangkit listrik di Indonesia terus meningkat, pada tahun 2000 jumlahnya mencapai 146 milyar ton pertahun dan mencapai 2 milyar ton pada tahun 2006. Kedua timbal padat tersebut selain dapat menimbulkan pencemaran lingkungan udara, air, dan tanah, juga meningkatkan biaya operasional Pengolahan Pulp dan PLTU karena diperlukan dana yang cukup besar untuk membuat penampungannya. Hasil penelitian menunjukkan abu layang disintesis menjadi zeolit melalui reaksi hidrotermal dalam suasana basa NaOH. Zeolit hasil sintesis tersebut kemudian dapat dimanfaatkan sebegai bahan untuk pembuatan Katalitik Konventer. Katalitik Konventer dapat diperoleh dari campuran limbah pulp dan zeolit hasil sintesis dengan berbagai variasi komposisi. Masing-masing katalitik konverter tersebut memiliki kemampuan yang berbeda dalam daya kerjanya mengubah gas buang. Hasil pengujian menunjukkan Katalitik Konventer yang dibuat dari campuran limbah pulp dan zeolit dengan rasio komposisi 7 : 3 yakni 70% limbah, pulp dan 30% zeolit menunjukkan daya kerja paling optimum. Katalitik Konverter tersebut mampu mengurangi polusi udara yang diakibatkan gas buang kenderaan bermotor berbahan bakar bensin (C6H12) dengan absorbsi gas CO2 sebesar 59,5% dengan daya katalis terhadap gas CO sebesar 65,128% dan daya katalisis terhadap gugus CH sebesar 75,96% serta mampu menambah buangan gas 02 hasil dari konversi gas CO2 dan CO sebesar 72,7%.

Item Type: Monograph (Research Report)
Keywords: Limbah pulp; Abu layang; Zeolit; Konverter katalitik; Knalpot otomotif; Gas buangan
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19809

Actions (login required)

View Item View Item