PENCIPTAAN ANEKA MODEL DI HIASAN PINGGIR GRAFIS BERDASARKAN RAGAM HIAS ETNIS DI SUMATERA UTARA DENGAN KEMASAN MEDIA INTERAKTIF

Sembiring, Dermawan and Tarigan, Nelson and Triyanto, R. and Silaban, Brisman (2011) PENCIPTAAN ANEKA MODEL DI HIASAN PINGGIR GRAFIS BERDASARKAN RAGAM HIAS ETNIS DI SUMATERA UTARA DENGAN KEMASAN MEDIA INTERAKTIF. Research Report. FBS Unimed, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menciptakan model-model hiasan pinggir berdasarkan motif ragam hias dari masing-masing etnis yang ada di Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah riset pengembangan dengan model penelitian penciptaan dengan tahapan kerja meliputi persiapan, inkubasi, iluminasi, konfirmasi, eksekusi dan validasi. Tahap eksekusi dimulai dari merekam gambar di 1apangan, memisah bentuk/motif dasar dari kumpulannya, mengedit hasil potongan, merancang pola dasar hiasan pinggir, menyusun bentuk dasar pada pola hiasan pinggir yang dikehendaki dengan bantuan media komputer yang dilengkapi program aplikasi Corel Photo Paint, Corel Draw, Photoshop, dan Movie Maker dengan menu-menu khusus seperti : Adjust Image, Effect, Object, dan sub-sub menu khusus seperti Rectangle mask, Lasso mask, magic wand mask, brush mask, eraser, object transparency, dan color transparency pada program aplikasi Corel Photo Paint: Sub tool Distort dan Contour pada program aplikasi Corel Draw serta beberapa sub menu dalam menu filter pada program aplikasi Photoshop. Pada pelaksanaan penelitian tahun pertama (2009) telah dihasilkan 232 gambar-gambar ragam hias dari 28 lokasi di Sumatera Utara dan telah diedit 212 bentuk dasar hasil penguraian dari gabungannya. Pada Tahun II (2010) ditambah dengan motif ragam hiasPakpak Dairi, Nias, Anggkola Mandailing dan ragam hias Batak Toba dan telah dihasilkan 50 desain pilihan dari 80 desain alternatif yang diciptakan. Selanjutnya, pada tahun ke- 3 (2011) telah ditambah dengan 50 hasil ciptaan pilihan dari 122 desain yang diciptakan untuk dikemas dalam CD interaktif sederhana menggunakan program aplikasi Movie Maker sebagai tambahan 50 desain pilihan pada tahun kedua. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ragam hias etnis di Sumatera Utara sangat potensial diolah menjadi bahan motif karya desain grafis jenis hiasan pinggir (Border). Program aplikasi Corel Photo Paint, Corel Draw, dan Photoshop, cukup mendukung teknik pengisian motif pada pola-pola pinggir yang dirancang. Beberapa saran yang dapat diberikan dari pengalaman penelitian adalah : Melakukan studi lebih mendalam tentang kebutuhan masyarakat di bidang Hiasan Pinggir (Border), melakukan perbandingan hasil karya dengan hiasan pinggir internasional yang sudah banyak dipasarkan, memilih menu-menu dan sub menu dalam program aplikasi yang dapat mendukung setiap gagasan penciptaan.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 750 Sem p
Keywords: Penciptaan; Model desain; Desain grafis; Ragam hias; Hiasan pinggir
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN357 Culture and cultural processes
N Fine Arts > NE Print media > NE1 Printmaking and engraving
N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19808

Actions (login required)

View Item View Item