ANALISIS MUATAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENGARUHNYA TERHADAP AKHLAK SISWA SMA DI PADANG SIDEMPUAN

Siregar, Hapni Laila and Batubara, Manaon and Nur, Ramli (2011) ANALISIS MUATAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENGARUHNYA TERHADAP AKHLAK SISWA SMA DI PADANG SIDEMPUAN. Research Report. FIS UNIMED, Medan.

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)

Abstract

Pendidikan Agarna sangat berperan dalam memberikan penguatan dan pengembangan potensi spiritual peserta didik, khususnya dalam rnemberikan landasan etik, moral dan akhlak mulia. Ada lima aspek materi dalam kurikulum Pendidikan. Agama Islam SMA, yaitu: Al-Quran,keimanan, akhlak, fiqih/ ibadah, dan tarikh. Dalam materi akhlak dibahas beberapa akhlak mahmudah dan madzmumah yang berhubungan dengan Allah SWT, keluarga, diri sendiri dan. masyarakat. Dari hasil analisis yang penulis lakukan terhadap 256 orang responden terdiri dari siswa-siswa SMA di Padangsidimpuan diperoleh data sebagai berikut:a. Akhlak terhadap Allah SWT; 1 orang atau 0,4% berada pada kategori sangat baik. 91 orang atau 35,6% berada pada kategori baik, 148 orang atau 58% berada pada kategori cukup baik dan 16 orang atau 6% berada pada kategori kuning baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa sebagian besar siswa SMA di Padang sidimpuan memiliki akhlak yang cukup baik terhadap Allah SWT. b.Akhlak terhadap keluarga; 36 orang atau 14% berada pada kategori sangat baik, 175 orang atau 69% berada pada kategori baik, 39 orang atau 15% berada pada kategori cukup baik dan 6 orang atau 2% berada pada kategori kurang baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa. SMA di Padangsidimpaan memiliki akhlak yang baik terhadap keluarga.c. Akhlak terhadap diri sendiri; 11 orang atau 4% berada pada kategori sangat baik, 103 orang atau 40% berada pada kategori baik, 97 orang atau 38% berada pada kategori cukup baik dan 45 orang atau 18% berada pada kategori kurang baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa SMA di Padangsidimpuan memiliki akhlak yang baik terhadap diri sendiri.d. Akhlak terhadap masyarakat, 27 orang atau 10% berada pada kategori sangat baik, 59 orang atau 23% berada pada kategori baik, 89 orang atau 35% berada pada kategori cukup baik dan 81 orang atau 32% berada pada kategori kurang baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa SMA di Padangsidimpuan memiliki akhlak yang cukup baik terhadap masyarakat.e. Hasil analisis antara akhlak siswa laki-laki dan perempuan; dari 256 orang responden terdiri dari 84 siswa laki-laki dan 172 siswa perempuan diperoleh data sebagai berikut: 1) Dalam hal akhlak terhadap Allah, siswa laki-laki dan perempuan berada pada kategori yang sama yaitu cukup baik. 2) Dalam hal akhlak terhadap keluarga, siswa laki-laki dan perempuan berada pada kategori yang sama juga yaitu baik. Demikian juga dalam hal akhlak terhadap diri sendiri, siswa laki-laki dan perempuan berada pada kategori yang sama yaitu baik. Namunn terdapat perbedaan dalam hal akhlak terhadap masyarakat, siswa laki-laki pada umumnya berada pada kategori cukup baik, sedangkan siswa perempuan pada umumnya berada pada kategori kurang baik.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 297.071 2 Sir a
Keywords: Akhlak; Pendidikan; Agama islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19801

Actions (login required)

View Item View Item