PENGARUH PENGGUNAAN METODE BELAJAR AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR SEMINAR AKUNTANSI (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI NONDIK TAHUN 2008/2009 FE UNIMED)

Triadiarti, Yulita and Jumiadi, A.W. (2011) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BELAJAR AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR SEMINAR AKUNTANSI (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI NONDIK TAHUN 2008/2009 FE UNIMED). Research Report. FE Unimed, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran seminar akuntansi dengan menggunakan metode pembelajaran aktif tipe quiz team lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi nondik Sampel yang diambil adalah mahasiswa semester 7 (Angkatan 2008/2009) Jurusan Akuntansi Nondik Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Sampel yang dipilih terdiri dari dua kelas, masing-masing kelas terdiri dari 35 orang mahasiswa sehingga jumlah sampel menjadi 70 orang. Kedua kelas dibagi menjadi kelas kontrol dan kelaseksperimen. Untuk menguji apakah aktivitas dan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan metode tipe quiz team lebih baik dibanding metode konvensional, dilaukan dengan independent sample t-test. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai Asymp.sig. (0,486) < level significant t (0.05) dengan nilai rata-rata hasil belajar 532 ,14 untuk kelas eksperimen dan 485,71 untuk kelas kontrol sehingga cukup bukti untuk menolak H0 dan menerima Ha.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran seminar akuntansi dengan menggunakan metode tipe quiz team lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional dapat diterima.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 657.01 Tri p
Keywords: Belajar; Model pembelajaran; Belajar aktif; Quiz team; Hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19800

Actions (login required)

View Item View Item