PEMBUATAN PUPUK ORGANIK KASCING DARI BERBAGAI JENIS LIMBAH SEBAGAI ALTERNATIF MENINGKATKAN LIFE SKILL MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Elfayetti, and Rohani, (2011) PEMBUATAN PUPUK ORGANIK KASCING DARI BERBAGAI JENIS LIMBAH SEBAGAI ALTERNATIF MENINGKATKAN LIFE SKILL MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Research Report. FIS UNIMED, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian tni adalah untuk mengetahui pertumbuhan berat cacing tanah berdasarkan jenis limbah yang berbeda dan kemampuan kascing memperbaiki beberapa sifat kimia tanah ultisol. Penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai Nopember 2011. Percobaan tahap 1 dan II dilaksanakan diruang pengeringan tanah Jurusan tanah Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara. Analisis kascing dan analisis tanah dilaksanakan di laboratorium biologi tanah, laboratorium kimia tanah dan laboratorium riset dan teknologi Fakultas Pertanian USU Medan.Data yang dibutuhkan adalah data sekunder yang dihimpun dari literatur buku dan data primer dari observasi dan laboratorium USU. Teknik analisa data dengan teknik diskriptifHasil penelitian menunjukkan bahwa Jenis makanan berpengaruh terhadap pertumbuhan cacing tanah dan kualitas kascing yang dihasilkan. Terdapat perbedaaan pada bobot cacing tanah yang dihasilkan dengan adanya perbedaan jenis makanan. Jenis makanan ampas tahu memberikan tingkat pertumbuhan cacing tanah terbaik dengan terjadinya pertambahan bobot sebesar 600 gram yang awalnya hanya 250 gram. Dari beberapa parameter sifat kimia dan biologi kascing, maka jenis makanan ampas tahu memberikan nilai N tertinggi yaitu 2,24 dan pada pakan kol terdapat nilai p tertinggi yaitu 10,35.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 631.585 Elf p
Keywords: Tanah; Utisol; Cacing tanah; Pupuk organik; Kascing
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S602 Methods and systems of culture. Cropping systems
S Agriculture > S Agriculture (General) > S631 Fertilizers and improvement of the soil
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19793

Actions (login required)

View Item View Item