PEMETAAN KUALITAS PERAIRAN DANAU TOBA AKIBAT DAMPAK BUDIDAYA IKAN SISTEM KERAMBA JARING APUNG (KJA) SEBAGAI UPAYA RELOKALISASI BUDIDAYA IKAN

Sinaga, Antonius and Riwayati, and Hasanah, Uswatun (2011) PEMETAAN KUALITAS PERAIRAN DANAU TOBA AKIBAT DAMPAK BUDIDAYA IKAN SISTEM KERAMBA JARING APUNG (KJA) SEBAGAI UPAYA RELOKALISASI BUDIDAYA IKAN. Research Report. FMIPA Unimed, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan pemetaan kualitas perairan Danau Toba, berdasarkan struktur komunitas organism Plankton (Fitoplankton dan Zooplankton), dan factor fisika kimia perairan yang terdapat di sekitar keramba jarring apung (KJA) sebagai dampak dari system budidaya ikan KJA. Metode yang dilakukan adalah pengukuran factor fisika kimia perairan dari pengambilan swipe; plankton di tujuh daerah kabupaten, yang dilanjutkan dengan identifikasi organism zooplankton dan fitoplankton di Laboratorium Biologi FMIPA Unimed. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, berdasarkan Pemetaan parameter factor fisika kimia perairan, bahwa parameter Phospat yang diukur di seluruhan lokasi penelitian berkisar 0.2 - 27.3 mg/I, berdasarkan Bakumutu (PP NO.82 Tahun 2001 tentang pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air)/0.2 mg/l, kadar phospat yang diperoleh sudah melampaui bakumutu tersebut sehingga dapat disimpulkan bahwa status perairan danau Toba dalam keadaan tercemar berat.Hasil pemetaan Nilai Indeks Keanekaragaman (H) Phytoplankton di seluruh lokasi yang dibandingkan dengan Kriteria pencemaran oleh Shannon Wiener, disimpulkan bahwa kualitas perairan danau Toau sekitar KJA di lokasi Sibaganding. Haranggaol, Tongging, dan Tomok, umumnya sudah tercemar berat.Pencemaran perairan di lokasi penelitian ini adalah disebabkan adanya aktifitas budidaya ikan system keramba jarring apung (KJA) oleh masyarakat/pengusaha.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 639.31 Sin p
Keywords: Ekosistem; Plankton; Danau; Zonasi; Wilayah perairan; Aktivitas manusia; Organisme
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Q Science > QL Zoology > QL605 Chordates. Vertebrates > QL614 Fishes
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3 Aquaculture > SH151 Fish culture
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19786

Actions (login required)

View Item View Item