PENINGKATAN GIZI IBU HAMIL DENGAN FORMULA MULTI GIZI DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN, PERKEMBANGAN MENTAL DAN MOTORIK BAYI

Agustina, Haslinda and Ingtyas, Fatma Tresno and Simorangkir, Murniaty (2011) PENINGKATAN GIZI IBU HAMIL DENGAN FORMULA MULTI GIZI DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN, PERKEMBANGAN MENTAL DAN MOTORIK BAYI. Research Report. FT UNIMED, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bardasarkan permasalahan dan bukti-bukti mutakhir diduga kuat suplemenzine, cuprum, vitamin B kompleks dan vitamin C yang disertai dengan asam-asamamino esensial pada susu formula berdampak positif pada pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak dan neurotransmiter yang akan menentukan mental dan motorik bayi serta perkembangan bayi termasuk penyempumaan pembentukan otak. Selama ini suplemen gizi atau multi gizi pada ibu hamil lebih difokuskan pada Fe, iodium, vitamin A dan omega-3 belum mempertimbangkan zat gizi yang berperan penting pada pertumbuhan dan perkembangan neurotransmiter. Untuk itu perlu didesain suatu suplemen formula multigizi dan diujicobakan pada suatu, studi epidemiologi prospektif sejak awal kehamilan sampai post natal (bayi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan gizi mencit dengan formula multi gizi dalam upaya untuk meningkatkan pertumbuhan, perkembangan mental dan motorik bayi. Tahap I dan II telah selesai dilakukan di work shop PKK Tata Boga Unimed dan Laboratorium Kesehatan Masyarakat Daerah Sumatera Utara dan Balai Riset Dan Standarisasi Mutu Medan tahap III juga direncanakan dilakukan di Kabupaten Tobasa dan kerjasama dengan ahli Pshychologi. Hasil penelitian tahap II yang diuji cobakan kepada lbu hamil. telah didapat makanan formula multi gizi yang diberi omega-3 meningkatkan pertumbuhan berat badan ibu hamil rata-rata naik sebanyak 5 kg, hasil lab juga menunjukkan 14,4 ini berarti bahwa Hb ibu hamil adalah baik dan menunjukkan bahwa ibu hamil tersebut sehat. Faktor utama yang mempengaruhi adalah pertambahan BB selama kehamilan. Meski pada umumnya Suplemen Formula Multi Gizi tidak berpengaruh nyata pada pertumbuhan kehamilan dan tumbuh kembang bayi, namun cenderung berhubungan positif dan secara meningkatkan status biokimia gizi ibu menjelang melahirkan. Penelitian ini selanjutnya direncanakan untuk menerapkan makanan formula multi gizi kepada ibu hamil, dan melihat perkembangan mental dan motorik bayi.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 618.2 Agu p
Keywords: Gizi; Kesehatan; Perkembangan otak; Suplemen; Ibu hamil; Bayi; Perkembangan kognitif; Perkembangan motorik
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA773 Personal health and hygiene
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG500 Obstetrics
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG500 Obstetrics > RG940 Maternal care. Prenatal care services
T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19784

Actions (login required)

View Item View Item