PENCIPTAAN RAGAM HIAS BARU BERDASAR MOTIF - MOTIF TRADISIONAL SUMATERA UTARA DAN KEMASANNYA DENGAN APLIKASI ELEARNING AUTHORING SYSTEM

Budiwiwaramulja, Dwi and Misgiya, and Wiratma, Sri (2011) PENCIPTAAN RAGAM HIAS BARU BERDASAR MOTIF - MOTIF TRADISIONAL SUMATERA UTARA DAN KEMASANNYA DENGAN APLIKASI ELEARNING AUTHORING SYSTEM. Research Report. FBS Unimed, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan ornamen alternatif yang diciptakan berdasar motif-motif tradisional Sumatera Utara. Pada tataran akademik produk diharapkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran atau buku tentang ragam hias. Pada tataran lainnya, produk diharapkan dapat memperoleh patent. Penciptaan ini penting guna menunjang berbagai kebutuhan pendidikan seni rupa yang berkelanjutan yang berakar budaya lokal. Pada tahun ini, penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi potensi sumber daya yaitu kondisi ragam hias di Sumatera Utara dan potensi diri dalam menciptakan produk. Identifikasi dilakukan melalui data primer dan sekunder pada data cetak dan digital di beberapa daerah di Medan, Kabanjahe, Dairi dan Kisaran. Ratusan data ditemukan dan dilakukan seleksi hingga menjadi 100 photo ragam hias. Berdasar data, peneliti menerapkan "mindmap" dan "Scamper" sebagai metode atau konsep untuk menciptakan sketsa produk ragam hias alternatif. Dalam penciptaan ini tim menghasilkan sketsa desain hitam putih sejumlah 69 gambar, dan desain warna sebanyak 34 gambar. Produk ini dikemas dalam CD interaktif sesuai konsep Digital Photo Gallery. Berdasar temuan yang diperoleh tim peneliti menyarankan agar peneliti dapat melanjutkan kegiatan pada tahap redesain, dan apresiasi serta evaluasi melalui pameran atau diskusi ilmiah. Pameran dan diskusi ilmiah dimaksudkan untuk menerima masukan dari masyarakat ilmiah.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 730.959 8 Bud p
Keywords: Ragam hias; Metode scamper; Aplikasi komputer; Mind map; Seni rupa; Tradisional
Subjects: N Fine Arts > NB Sculpture
N Fine Arts > NB Sculpture > NB1160 Designs and technique
N Fine Arts > NB Sculpture > NB60 History
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19781

Actions (login required)

View Item View Item