UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA PADA MATAKULIAH PENGUJIAN MESIN OTOMOTIF DENGAN METODE PEMBELAJARAN SISTIM MODUL BERDASARKAN KOMPETENSI DENGAN KECAKAPAN HIDUP DI JURUSAN TEKNIK MESIN BIDANG KEAHLIAN OTOMOTIF

Bahar, Andi and Raharjo, Amru and Firdaus, and Sianturi, Ridolf and Riadi, Selamat (2008) UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA PADA MATAKULIAH PENGUJIAN MESIN OTOMOTIF DENGAN METODE PEMBELAJARAN SISTIM MODUL BERDASARKAN KOMPETENSI DENGAN KECAKAPAN HIDUP DI JURUSAN TEKNIK MESIN BIDANG KEAHLIAN OTOMOTIF. Research Report. FT UNIMED, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode pembelajaran sistim modul berdasarkan kompetensi yang berorientasi pada kecakapan hidup dalam pengembangan kemampuan praktik pada matakuliah pengujian mesin otomatif dengan membandingkan metode pengajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimental (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan di Jurusan Teknik Mesin Program Studi D3 Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan, pada Tahun Akademik 2007/2008 dengan menerapkan pembelajaran berdasarkan kompetensi berorientasi kecakapan hidup.Populasi penelitian adalah mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, sedangkan sampel penelitian adalah 14 orang yang diambil dari mahasiswa yang mengikuti perkuliahan pada matakuliah Pengujian Mesin Otomotif pada semester Genap tahun akademik 2007/2008 di Jurusan Teknik Mesin program studi D3, dengan kelompok kontrol adalah program studi S1. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan analisis deskriptip.Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) model pembelajaran modul berdasarkan kompetensi yang berorientasi kecakapan hidup lebih unggul dari pada model pembelajaran konvensional, baik dan segi penguasaan teori maupun dari segi kemampuan praktik, (2) pembelajaran sistim modul penguasaan teori pada matakuliah pengujian mesin otomotif lebih baik dari pembelajaran konvensional. Rata-rata nilai mid semester untuk kelompok eksperimen adalah 68,4 sedangkan untuk kelompok kontrol adalah 57,4, dan (3) pembelajaran sistim model untuk penguasaan praktik pada matakuliah pengujian mesin otomotif lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Penguasaan praktik untuk kelompok eksperimen termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata 3.16, sedangkan untuk kelompok kontrol berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 2,22.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 621.8 Bah u
Keywords: Kompetensi; Model pembelajaran; Sistem modul; Kecakapan hidup
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19774

Actions (login required)

View Item View Item