PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN MASALAH BERBASIS BUDAYA BATAK (PBM-B3)

Sinaga, Bornok and Togi, and Nababan, Manguji (2008) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN MASALAH BERBASIS BUDAYA BATAK (PBM-B3). Research Report. FMIPA Unimed, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview

Abstract

Akar masalah dalam penelitian ini adalah kenyataan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika kurang memuaskan, dan orientasi pembelajaran matematika yang terjadi selama ini kurang menekankan pada usaha memampukan siswa mengonstruksi pengetahuan, sehingga siswa kurang memahami konsep dan tidak mampu memecahkan masalah. Untuk mengatasi masalah tersebut, pada penelitian ini dikembangkan suatu model pembelajaran yang dapat memampukan siswa mengonstruksi pengetahuan matematika melalui pemecahan masalah yang bersumber dari fakta dan lingkungan budaya Batak, dengan menerapkan pola interaksi sosial Dalihan Na Tolu sebagai strategi pembelajaran. Model pembelajaran yang dimaksud adalah "Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Batak (PBM-B3)". Pertanyaan dalam penelitian ini adalah "bagaimana produk pengembangan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Batak yang valid, praktis, dan efektif?".

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 510 Sin p
Keywords: Budaya; Bataka; Matematika; Model pembelajaran; Bahan ajar; Pembelajaran berdasarkan masalah
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN357 Culture and cultural processes
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19767

Actions (login required)

View Item View Item