PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA PADA PGSD YANG DAPAT MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Nugrahalia, Meida and Suriani, Cicik and Rangkuti, Marlinda Nilam Sari and Lumban Gaol, A. Y. D. (2008) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA PADA PGSD YANG DAPAT MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Research Report. FMIPA Unimed, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Selama bulan Maret s.d Oktober 2008 telah dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (I) Menghasilkan media pembelajaran IPA SD, yang digunakan pada pembelajaran materi pokok: (a) Sistem rangka pada manusia; (b) Alat pernapasan pada manusia dan (c) perubahan bentuk energi; (2) Peningkatan aktivitas belajar mahasiswa pada pembelajaran model inkuiri menggunakan media pembelajaran IPA dan (3) Peningkatan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran model inkuiri menggunakan media pembelajaran IPA.Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (four-D Models), meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate, Uji coba perangkat dan media pembelajaran dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek uji mahasiswa program S1 PGSD Ikatan Dinas Berasrama Angkatan Tahun 2007. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif.Hasil penelitian diperoleh (1) Desain media pembelajaran IPA pada PGSD yang dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa SD yang diindikasikan oleh peningkatan hasil belajar mahasiswa S1 PGSD Ikatan Dinas Berasarama Unimed; (2) Pemanfaatan media pada model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa SD yang diindikasikan oleh peningkatan aktivitas belajar mahasiswa uji coba (mahasiswa program SI PGSD Ikatan Dinas Berasrama); dan (3) Pemanfaatan media pada model pernbelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa PGSD yang sekaligus mengindikasikan peningkatan hasil belajar siswa SD. Berdasarkan pengalaman melakukan pengembangan media pembelajaran dan uji coba media menggunakan penelitian tindakan kelas, berikut ini disampaikan beberapa saran yang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak yang menggunakan informasi hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Pengembangan media pembelajaran di sekolah dasar hendaknya melibatkan siswa dan media disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa; (2) Bagi dosen-dosen program S1 PGSD Unimed hendaknya melibatkan mahasiswa dalam pengembangan media pembelajaran dan desain pembelajaran sehingga dapat menjadi pengalaman belajar yang menarik bagi mahasiswa yang akan tumbuh menjadi keterampilan mengajar yang akan diterapkan pada pembelajaran di sekolah dasar; (3) Bagi guru-guru sekolah dasar, agar kemampuan berpikir logis dan kritis siswa dapat ditumbuhkan, analisis materi ajar perlu dilakukan untuk dijadikan acuan pengembangan media dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang efektif.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 500 Nug p
Keywords: Guru; Pembelajaran inkuiri; Model pembelajaran; Keterampilan proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19765

Actions (login required)

View Item View Item