ANALISIS ENERGI PEMBAKARAN ASAM - ASAM LEMAK BIODISEL BERDASARKAN KOMPOSISI ASAM LEMAK TUMBUHAN DENGAN METODE SEMIEMPIRIS MP3 HYPERCHEM

Roza, Destria and Nurfajriani, and Bunawan, Wawan and Nirwana, and Nuzirwan, Rudi (2008) ANALISIS ENERGI PEMBAKARAN ASAM - ASAM LEMAK BIODISEL BERDASARKAN KOMPOSISI ASAM LEMAK TUMBUHAN DENGAN METODE SEMIEMPIRIS MP3 HYPERCHEM. Research Report. FMIPA Unimed, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan energi pembakaran biodiesel minyak jarak dan biodiesel CPO (Crude Palm Oil) dengan media komputer HyperChem metode semiempiris PM3 dan Alat Kalorimeter Bom. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Komputer Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Medan dengan media komputer dan di Laboratorium Penelitian MIPA Universitas Sumatera Utara dengan alat Kalorimeter Bom.Penentuan energi pembakaran dengan media komputer HypciChem metode semiempiris PM3 menunjukkan energi pembakaran yang dihasilkan oleh pembakaran Biodiesel Minyak Jarak sebesar 6979,9156 J/g dan Biodiesel CPO (Crude Palm Oil) sebesar 6956,8617 J/g. Dengan alat Kalorimeter Bom, energi pembakaran yang dihasilkan oleh Biodiesel Minyak Jarak sebesar 8738,1628 J/g dan Biodiesel CPO (Crude Palm Oil) sebesar 7590,1749 J/g. Dari hasil yang diperoleh, baik dengan media komputer HyperChem metode semiempiris PM3 maupun dengan alat Kalorimeter Bom menunjukkan bahwa energi pembakaran Biodiesel Minyak Jarak lebih besar dibandingkan Biodiesel CPO (Crude Palm Oil). Ini juga menunjukan bahwa komposisi asam lemak penyusun suatu biodisel berpengaruh terhadap energi pembakarannya.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 665.355 Roz a
Keywords: Entalpi; Kalorimeter bom; Biodiesel; Kimia komputasi; Standar mutu
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19758

Actions (login required)

View Item View Item