PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN KEMAMPUAN MOTORIK TERHADAP HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA

Mesnan, and Hasibuan, Nurman (2011) PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN KEMAMPUAN MOTORIK TERHADAP HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA. Research Report. FIK Unimed, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar terhadap hasil belajar renang gaya dada bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan motorik yang berbeda. Gaya Mengajar terdiri dari dua macam, yaitu : (I) Gaya mengajar Self-Check Style dan (2) Gaya mengajar Practice Style. Sedangkan kemampuan motorik terdiri dari dari dua taraf, yaitu (1) kemampuan motorik tinggi, dan (2) kemampuan motorik rendah. Penelitian ini dilakukan di FIK Unimed pada mahasiswa IKOR semester II tahun ajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan blok 2x2. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 40 rang, yang terdiri dari 4 kelompok; setiap kelompok terdiri dari 10 orang mahasiswa. Tes yang digunakan untuk mengklasifikasikan kemampuan motorik mahasiswa adalah “Barrow Motor ability Test”. Dan tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan hasil belajar renang gaya dada adalah tes renang gaya dada dengan awalan jarak 50 meter. Data dianalisis dengan ANAVA dengan taraf signifikan a = 0.05; sedangkan untuk pengujian hipotesis kedua dan ketiga digunakan uji-t.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 797.2 Has p
Keywords: Gaya mengajar; Kemampuan motorik; Renang; Gaya dada
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV770 Water sports: Canoeing, sailing, yachting, scuba diving, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19753

Actions (login required)

View Item View Item