EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH KESEHATAN OLAHRAGA PADA MAHASISWA JURUSAN IKOR SEMESTER GANJIL 2011/2012

Subadiman, Benny (2011) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH KESEHATAN OLAHRAGA PADA MAHASISWA JURUSAN IKOR SEMESTER GANJIL 2011/2012. Research Report. FIK Unimed, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Kesehatan Olahraga memiliki peranan yang sangat penting dalam membekali kompetensi mahasiswa olahraga. Hal ini dikarenakan mata kuliah ini dimaksudkan untuk mendidik dan melatih mahasiswa dalam menemukan dan menanamkan kebenaran ilmiah melalui pemahaman, penguasaan tentang istilah dan batasan kesehatan olahraga, tujuan umum dan khusus kesehatan olahraga, ruang lingkup kesehatan olahraga, teori-teori yang relevan dengan kesehatan olahraga, jenis-jenis olahraga kesehatan.Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan model pembelajaran berdasarkan masalah atau Problem Based Instruction (PBI) yang merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang dapat memberikan kondisi belajar aktif kepada mahasiswa sebagai usaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subyek kegiatan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan Angkatan 2010 pada tahun ajaran 2011/2012 (Semester Ganjil) yang memprogram Mata Kuliah Kesehatan Olahraga sebanyak 38 orang mahasiswa. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based instruction (PBI) dapat meningkatkan hasil belajar mata kuliah pertumbuhan dan Perkembangan Gerak. Selain itu model pembelajaran mendapat respon yang positif dari mahasiswa karena mode] pembelajaran berdasarkan masalah dapat memberikan pengalaman yang kaya kepada mahasiswa.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 796.07 Sub e
Keywords: Problem based instruction; Kesehatan; Olahraga; Model pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19751

Actions (login required)

View Item View Item