PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEDIA AUDIOVISUAL SEBAGAI MODEL UNTUK MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SENAM AEROBIK

Siregar, Samsuddin and Faridah, Eva (2011) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEDIA AUDIOVISUAL SEBAGAI MODEL UNTUK MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SENAM AEROBIK. Research Report. FIK Unimed, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Perkembangan tempat-tempat pusat kebugaran saat ini semakin hari semakin berkembang dengan pesat, hal ini bisa dilihat bahwa sudah adanya pusat latihan kebugaran (senam aerobik) di setiap kelurahan-kelurahan, beberapa instansi-instansi pemerintah dan swasta dan hotel-hotel di kota Medan ini. Dengan didukung oleh teknologi, dunia pendidikan di harapkan mampu mempersiapkan sumber daya manusia yang dapat bersaing di era globalisasi. Untuk itu keberhasilan dalam proses pembelajaran tidak lepas dari media yang digunakan. Pemilihan media harus sesuai dengan bidang studi dan kurikulum, media yang sering di gunakan antara lain: media audio visual, gambar, motion gerak dan sebagainya. Penggunaan media dalam pembelajaran perlu adanya evaluasi media, pengembangan media dan uji coba untuk mencapai kesempurnaan.Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah efektifitas pengembangan media audio visual (video) dalam pembelajaran matakuliah senam aerobik bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Sekolah di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan metode Research and Development. Untuk desain penelitian ini termasuk deskriptif kuantitatif pengembangan media. Tahap-tahap penelitian di lakukan adalah Evaluasi media, pengembangan media dan uji coba. Subyek penelitian ini mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Sekolah kelas Eksntensi di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan.Dari uji t-test dengan membandingkan hasil pre test (pembelajaran tanpa menggunakan media audiovisual) dan post test (uji coba pengembangan mediaVCD) yang di uji cobakan kepada 40 siswa dapat di ketahui bahwa nilai t-hitung (32.65) > a-tabel (1.68) yang berarti menolak hipotesis (Ho) dan menerima hipotesis (H1), dengan kata lain adanya pengembangan media VCD pembelajaran senam aerobik untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Sekolah di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan tingkat efektifitasnya dan kemampuannya lebih tinggi dari pada perkuliahan matakuliah senam aerobik tanpa menggunakan media audiovisual. Saran yang bisa di berikan dalam penelitian ini adalah Program Studi Pendidikan Jasmani Sekolah di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan hendaknya dapat mengusahakan fasilitas media VCD di kelas perkuliahan tmata kuliah senam aerobic, meskipun dengan harga yang sedikit lebih mahal, akan tetapi tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maximal. Mahasiswa dapat lebih memahami tujuan dari pembelajaran.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 613. 71 Sir p
Keywords: Media pembelajaran; Audiovisual; Senam aerobik; Bahan ajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV460 Gymnastics. Gymnastic exercises
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19750

Actions (login required)

View Item View Item