MANAJEMEN BENCANA ALAM HUBUNGANNYA DENGAN KEPUASAN PUBLIK DI DAERAH BENCANA

Arif, Muhammad (2008) MANAJEMEN BENCANA ALAM HUBUNGANNYA DENGAN KEPUASAN PUBLIK DI DAERAH BENCANA. Research Report. FIS UNIMED, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan manajemen bencana alam dengan kepuasan publik di daerahbencana, dan mendeskripsikan komitmen pemerintah lokal (Provinsi danKabupaten) terhadap implementasi manajemen bencana alam di daerah bencana. Lokasi penelitiannya di Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Penelitian dilaksanakan dengan metode penelitian survey dengan pendekatan kombinasi dari kuantitaf dan kualitatif, untuk mendapatkan gambaran secara objektif tentang manajemen bencana alam dalam persepsi responden. Kemudian untuk mendapatkan informasi kualitatif data diambil dari beberapa informan kunci (key informan) sebanyak 10 orang. Responden penelitian diambil secara acak sebanyak 80 Kepala Keluarga dari berbagai desa/kelurahan pada 2 kecamatan yakni Kecamatan Muara Batang Gadis dan Kecamatan Natal yang terkena bencana gempa bumi. Untuk uji hipotesa dilakukan dengan menggunakan uji korelasional product moment, dan untuk mengetahui adanya pengaruh antara kedua variabel penelitian yakni dengan menentukan besamya koefisien determinan melalui analisa korelasi..Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha atau upaya yang masuk dalam proses manajemen bencana alam antara lain: (1) Pencegahans (2) Mitigasi Bencana Alam, (3) Kesiapan Menangani Bencana Alam, (4) Tanggap Darurat, dan (5) Pemulihan, menurut persepsi responden masih pada kategori rendah dan komitmen pemerintah terhadap kelima upaya tersebut menurut responden masih sangat kurang/buruk keadaannya di lapangan. Usaha yang meyangkut proses kepuasan publik yaitu (1) Transparansi Pelayanan, (2) Keadilan Dalam Pelayanan, (3) Waktu dan Biaya, (4) Pemenuhan Hak Pengguna Layanan, dan (5) Sikap Pelayanan, menurut persepsi responden juga masih pada kategori rendah dan komitmen pemerintah terhadap kelima upaya tersebut menurut responden juga masih sangat kurang/buruk implementasinya di lapangan. Hipotesa penelitian dapat diterima yakni terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Manajemen Bencana Alam dengan Kepuasan Publik, dengan nilai rhitung > rtabel l(0,367 > 0,220) pada taraf signifikan 95%.Kemudian, dengan harga koefisien determinan (D) = 13,49, berarti Ada pengaruh Manajemen Bencana Alam terhadap Kepuasan Publik yaitu sebesar 13,49%, selebihnya 86,51% masih dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang belum diperhitungkan dalam penelitian ini.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 363.7 Ari m
Keywords: Manajemen bencana alam; Komunitas; Kepuasan publik; Pelayanan publik
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV551 Emergency management
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV551 Emergency management > HV553 Relief in case of disasters
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19746

Actions (login required)

View Item View Item