PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KEJURUAN SISWA DI SMK KOTA MEDAN SUMATERA UTARA

Situmorang, Julaga (2008) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KEJURUAN SISWA DI SMK KOTA MEDAN SUMATERA UTARA. Research Report. FT UNIMED, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran berbasis computer dalam upaya meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan daya tarik pembelajaran kejuruan pada SMK Teknik di Kota Medan Sumatera Utara. Tujuan Khusus penelitian ini adalah (1) kompetensi dan tujuan mata pelajaran (2) model-model pembelajaran secara teoritis dan teori pembelajaran keterampilan psikomotorik, dan (3) rancangan model pembelajaran berbasis komputer yang diduga efektif, efisien dan memiliki daya tarik yang relevan dengan kompetensi yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian pengembangan (Research and development) dengan prosedur sebagai berikut: Langkah pertama; melakukan identiftkasi kebutuhan pembelajaran. Kegiatan ini dimulai dari identifikasi mata diktat yang dominan mengandung muatan motorik dan kompetensi yang dibarapkan dikuasai oleh siswa SMK Teknik. Kegiatan berikutnya melakukan analisis performans (analisis instruksional) dari kompetensi tersebut, Langkah kedua melakukan kajian teoritis tentang karakteristik psikomotorik dan karakteristik pembelajaran berbasis computer. Langkah ketiga; melakukan observasi atas model pembelajaran yang sedang dilakukan dan kondisi yang menunjang terhadap pelaksanaan pembelajaran berbasis computer. Kemudian menyusun komponen-komponen dasar model pembeiajaran rnotorik berbasis computer. Populasi dalam penelitian ini adalah semua SMK Teknik Negeri di Kota Medan Propinsi Sumatera Utara. Sampel lokasi diambil di tiga lokasi secara random sederhana, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik angket, wawancara dan teknik dokumentasi, serta riviu literatur. Teknik analisis data yang digunakan untuk tahun pertama ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu berdasarkan pemikiran rasional dan penalaran logis, berdasarkan asumsi-asumsi dan teori-teori yang dikaji dari literatur-literatur yang tersedia. Hasil yang dicapai pada tahap pertama ini adalah (1) rumusan kompetensi untuk mata diktat kerja las, (2) Rincian performans sebagai basik dan analisis instruksional, (3) rancangan model pembelajaran motorik berbasis komputer yang diduga efektif, efisien dan berdaya tarik yang relevan dengan rumusan kompetensi yang dihasilkan, bahan ajar untuk dikemas dalam pemrograman berbasis komputer, dan (5) software pemrograman beserta langkah-langkah pemrogamannya.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 001.6 Sit p
Keywords: Kompetensi; Model pembelajaran; Komputer; Psikomotorik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19743

Actions (login required)

View Item View Item