PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF BERBASIS KECAKAPAN HIDUP BAGI PESERTA LATIHAN DI BLPT PROPINSI SUMATERA UTARA

Amin, Muhammad and Bahar, Andi (2008) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF BERBASIS KECAKAPAN HIDUP BAGI PESERTA LATIHAN DI BLPT PROPINSI SUMATERA UTARA. Research Report. FT UNIMED, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menemukan jenis keterampilan yang dapat dijadikan sebagai kecakapan hidup yang sesuai dengan lapangan kerja di bidang kelistrikan otomotif, (2) menemukan topik-topik pelatihan yang relevan untuk dilatihkan sesuai dengan jenis keterampilan, dan (3) mengidentifikasi model-model pembelajaran keterampilan yang selama ini dilakukan oleh BLPT maupun sekolah kejuruan, khususnya dalam pelatihan keterampilan dalam bidang kelistrikan otomotif.Penelitian ini dilaksanakan di BLPT Propinsi Sumatera Utara, serta bengkel-bengkel yang tersebar di kabupaten/kota wilayah Propinsi Sumatera Utara. Metode yang digunakan adalah metode survei untuk menjaring informasi tentang jenis-jenis keterampilan yang sesuai dengan lapangan kerja dan dapat dijadikan sebagai kecakapan hidup pada bidang kelistrikan otomotif. Hasil penjaringan terhadap jenis-jenis keterampilan dilanjutkan dengan upaya menemukan topik-topik materi yang relevan dengan masing-masing jenis keterampilan sekaligus mengumpufkan materi yang dapat dijadikan sebagai bahan penyusunan model. Kemudian pada tahap selanjutnya juga dijaring aspek-¬aspek kecakapan hidup yang berkenaan dengan topik materi yang dapat dijadikan sebagai bahan dalam rnenyusun rnateri pelatihan yang berbasis kecakapan hidup.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (a) terdapat sepuluh jenis keterampilan yang dapat dijadikan sebagai keterampilan kecakapan hidup pada bidang kelistrikan ototrnotif yakni (1) Perawatan dan Perbaikan Baterai/Accu, (2) Perbaikan dan Pemasangan Kabel, Pengaman, dan Lampu Penerangan, (3) Perbaikan dan Pemasangan Motor Starter, (4) Perbaikan dan Pemasangan Generator Charger, (5) Perbaikan dan Pemasangan Transducer Instrument Indikator Pengukuran, (6) Perbaikan dan Pemasangan Sistem Pengapian. (7) Perbaikan dan Pemasangan Sistem EFI, (8) Perbaikan dan Pemasangan Sistem Audio/Vidio, (9) Perbaikan dan Pemasangan Sistem AC, dan (10) Perbaikan dan Pemasangan Sistem Alrm dan Central Lock, (b) setiap jenis keterampilan diternukan topik-topik materi pelatihan yang relevan beserta materinya telah dikumpulkan dan siap untuk dikompilasi sebagai materi pelatihan dalam bentuk moduli (c) Model pelatihan yang dilaksanakan oleh masing-masing sekolah juga cukup bervariasi, walaupun secara garis besar sekolah-sekolah rnenerapkan dua model pelaksanaan pelatihan dan pendidikan sistem Banda yaitu model bagian (part practice) dan utuh (whole practice). Sedangkan dart segi waktu pelaksanaannya Model praktek yang diterapkan antara lain model day release dan black release. Model day release yang banyak digunakan adalah model day release 5-1 dan Model day release 4-2. Sedangkan model block release rnenerapkan model blok week release dan model month release. Modul pelatihan disusun berdasarkan jenis keterampilan dan materi yang mendukung pencapaiap kompetensi.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 621.31 Ami p
Keywords: Model pengajaran; Listrik otomotif; Kecakapan hidup; Kompetensi; Modul; Paket pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19742

Actions (login required)

View Item View Item