STUDI TENTANG EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ON LINE LEARNING DI JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Wahyuni, Rika and Simamora, Elmanani and Widyastuti, Eri (2008) STUDI TENTANG EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ON LINE LEARNING DI JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Research Report. FMIPA Unimed, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berbasis on line leaming merupakan bentuk pembelajaran yang lebih mengandalkan kemampuan mahasiswa dalam bidang komputer, sehingga mahasiswa diperlukan ketrampilan dalam memasukkan semua bahan yang dikerjakan dan dicapai mahasiswa, baik, di kampus maupun di luar kampus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan apakah model pembelajaran matematika dengan berbasis on fine learning dapat menunjukkan kemajuan belajar mahasiswa dan lebih baikdibandingkan dengan model konvensional. Penelitian diharapkan dapat memberikan informasi kepada dosen tentang perlunya menilai kemajuan belajar mahasiswa secara terus menerus juga untuk memberikan altmatif penilaian yang lain yang dapat menggambarkan kemampuan mahasiswa yang sebenamya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimental. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan matemetika Universitas Negeri Medan. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah diambil satu kelas dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Semester tiga yang terdiri dari 40 mahasiswa yangkemudian dibagi menjadi dua kelompok (kelas) dengan kelas yang pertama dijadikan kelas kontrol dan kelas yang kedua sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah : Tes dan Angket. Data yang terkumpul akan dianalisis melalui analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dari hasil analisis diskriptif dapat diketahui bahwa minat mahasiswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan berbasis on line leaming sangat besar. Dan dari analisis statistik inferensial dapat ditemukanbahwa thit = 4,143 lebih besar dari pada = 1,70. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran matematika berbasis on line leaming adalah lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 500 Wah s
Keywords: Media pembelajaran; Internet; Electronic learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19736

Actions (login required)

View Item View Item