KESESUAIAN TEMA - TEMA AKUNTANSI KEUANGAN YANG DIAJARKAN DI FAKULTAS EKONOMI UNIMED DENGAN TEMA AKUNTANSI YANG DI APLIKASIKAN DIPERUSAHAAN (STUDI ADAPTASI KURIKULUM PADA PERUSAHAAN - PERUSAHAAN DI KOTA MEDAN)

Rizal, Muhammad and La Ane, (2008) KESESUAIAN TEMA - TEMA AKUNTANSI KEUANGAN YANG DIAJARKAN DI FAKULTAS EKONOMI UNIMED DENGAN TEMA AKUNTANSI YANG DI APLIKASIKAN DIPERUSAHAAN (STUDI ADAPTASI KURIKULUM PADA PERUSAHAAN - PERUSAHAAN DI KOTA MEDAN). Research Report. FE Unimed, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di dilakukan untuk mengidentifikasi kesesuaian tema-tema akuntansi keuangan yang digunakan perusahaan di Kota Medan dengan kurikulum yang diajarkan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan (UNIMED), Penelitian mengambil sample 76 perusahaan dengan membandingkan kurikulum yang di ajarkan di UNIMEDDengan menggunakan analisis ki kuadrat pada tingkat signifikansi atau a = 0,05 Berdasarkan pengolahan data, maka dapat disimpulkan bahwa teknik akuntansi keuangan tipe I yang paling banyak digunakan adalah menjurnal, sedangkan untuk jurnal penutup, neraca lajur dan jurnal penutup tidak digunakan. Untuk teknik akuntansi keuangan tipe II yang banyak digunakan adalah aktiva tetap penyusutan, sedangkan teknik tipe III yang banyak digunakan adalah laporan konsolidasi. Dari hasil analisis penggunaan teknik akuntansi keuangan pada tipe I, II, dan III berdasarkan bentuk perusahaan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penggunaan teknik akuntansi keuangan pada perusahaan perorangan, persekutuan dan perseroan terbatas. Dari hasil penggunaan teknik akuntansi keuangan pada tipe I berdasarkan skala perusahaan tersebut dapat disimpulkan Pula bahwa terdapat perbedaan penggunaan teknik akuntansi keuangan pada perusahaan berskala kecil dan berskala besar.Penelitian rnenemukan 71% tema-tema akuntansi yang di butuhkan oleh perusahaan di ajarkan oleh dosen di fakultas Ekonomi Unimed sisanya sebanyak 29 % lagi tidak di ajarkan terutama pada materi-materi di matakuliah akuntansi keuangan lanjutan.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 657.046 Riz k
Keywords: Kurikulum; Sistem pendidikan; Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19734

Actions (login required)

View Item View Item