IMPLIKASI PENERAPAN QUANTUM LEARNING DALARN PENINGKATAN READING MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA & SASTRA INGGRIS UNIMED

Suswati, Rita and Saragih, Anggraini Thesisia and Hasibuan, Juli Rachmadani (2011) IMPLIKASI PENERAPAN QUANTUM LEARNING DALARN PENINGKATAN READING MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA & SASTRA INGGRIS UNIMED. Research Report. FBS Unimed, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui peningkatan kemampuan Reading III mahasiswa melalui pembelajatan dengan Quantum Learning, (2) Mengetahui daya berfikir kritis, analitisdaya juang dan motivasi serta kemandirian mahasiswa dalam belajar Reading III, (3) Mengetahui indikatrnya dilihat dari 3 aspek yakni a. tindakan itu sendiri, b. hasil evaluasi, c. soft skills, bentuk etos kerja kelompok mahasiswa.Dalam rangka pencapain tujuan ini, maka dilakukan tindakan kelas dengan metode Quantum Learning dalam pembelajaran Reading III. Disain tindakan kelas yang dilakukan adalah mengikuti tahapan yang dikemukakan Kemmis dan Mc.Taggart yang meliputiperencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tindakan ini dirancang dengan mengikuti dua (2) siklus..Tehnik pengumpulan data adalah dengan tehnik (1) observasi terhadap pelaksanaan, dan terhadap soft skills bentuk kerjasama mahasiswa dalam pembelajaran dengan Quantum Learning dan (2) evaluasi tindakan dan portofolio. Kemudian data yang terkumpul di analisis secaradeskriptif dengan menghitung presentasi mahasiswa sebelum dan sesudah tindakan dilakukan atas ketiga aspek tindakan tersebut.Hasil analisis data menunjukkan hasil yang semakin baik dari siklus I sampai siklus II. Peningkatan jumlah aktifitas mahasiswa tersebut bila dipresentasikan mulai dari siklus I sampaiSiklus II yaitu sebesar 30.06 % dan 70.75 %.. Selain itu, peningkatan persentase ketuntasanbelajar klasikal dari Siklus I sebesar 30 % meningkat pada siklus II menjadi 85 %. Tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran Quantum Learning yang telah dilakasanakan mulai dari siklus I sarnpai dengan siklus II semakin positif/baik,Dapat disimpulkan bahwa penelitian melalui tindakan kelas dengan Quantum Learning dalam mata kuliah Reading III yang dilakukan dapat meningkatkan basil belajar mahasiswa dalam pembelajaran Reading III dan sekaligus menumbuhkan soft skills bentuk daya berfikir kritis, analitis, daya juang, dan motivasi serta kemanelirian mahasiswa dalam belajar Reading III dan juga ditemukan bahwa persepsi mahasiswa terhadap implikasi Quantum Learning dalam pembelajaran Reading III adalah sangat baik yang artinya mahasiswa menunjukkan semangat belajar yang tinggi dalam pembelajaran mata kuliah Reading III melalui Quantum Learning.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 418.4 Sus i
Keywords: Quantum learning; Reading; Pengajaran; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19731

Actions (login required)

View Item View Item