ANALISIS TINGKAT APRESIASI MAHASISWA TERHADAP RENCANA PEMBENTUKAN UNIT BISNIS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Hidayat, Ahmad and Martono (2008) ANALISIS TINGKAT APRESIASI MAHASISWA TERHADAP RENCANA PEMBENTUKAN UNIT BISNIS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Project Report. FE Unimed, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)

Abstract

Tuntutan lulusan Fakultas Ekonomi yang hams memiliki berbagai kompetensi yang dapat diandalkan untuk dapat bersaing di pasaran kerja tidak diikuti dengan program-program kegiatan yang mengarah pada pencapaian kompetensi tarsebut. Permasalahan inilah yang diangkat dalam penelitian ini, di mana sangat minimnya kegiatan kewirausahaan yang dapat menggerakan potensi mahasiswa, Salah satu kegiatan yang dapat mengasah kompetensi mahasiswa di bidang kewirausahaan adalah dengan mendirikan unit bisnis yang melibatkan tenaga mahasiswa sebesar mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar apresiasi mahasiswa Fakultas Ekonomi Unimed terhadap rencana pembentukan unit bisnis dan seberapa besar modal yang bisa disertakan oleh mahasiswa. Ukuran sampel yang digunakan bedasarkan atas kebutuban ditetapkan sebesar 300 dan yang memenuhi sebesar 282 sampel. Sampel diambil dari mahasiswa angkatan 2006, 2007, dari 2008 yang dianggap memiliki waktu yang masih panjang dalam menempuh studinya. Pengumpulan data dilakukan melalui survai dengan menyebarkan langsung kuesioner kepada mahasiswa disetiap kelas pada angkatan tersebut. yaitu untuk mengetahui Apresiasi kegiatan kampus di luar perkuliahan, apresiasi pencarian informasi unit bisnis di lingkungan kampus, apresiasi kemandirian usaha, apresiasi terhadap rencana pembentukan unit bisnis, apresiasi untuk menjadi anggota unit bisnis, apresiasi terhadap kegiatan unit bisnis, apresiasi claim penyediaan dana, dan kesediaan mahasiswa untuk menyetorkan modal. Untuk melihat rata-rata dan tingkat apresiasi mahasiswa Fakultas Ekonomi Unimed terhadap rencana pembentukan unit bisnis digunakan analisis data dengan metode statistik non parametrik melalui uji binomial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Dilihat dari tahun angkatan, apresiasi mahasiswa terhadap rencana pembentukan unit bisnis Fakultas Ekonomi Unimed secara linier mengalami peningkatan. Skor rata-rata responden mencapai angkat 215,9349 sampai 37,8737 dari total skor 52 atau 52% sampai 73% mahasiswa Fakultas Ekonomi Unimed memiliki apresiasi terhadap rencana pembentukan unit bisnis. Kesanggupan jumlah dana yang dapat disetor oleh mahasiswa rata-rata Rp 500.000,00 sedangkan sumbangan wajib Rp 30.000,00. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa 60% mahasiswa Fakultas Ekonomi Unimed memiliki apresiasi terhadap pembentukan unit bisnis dapat diterima.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: 330 Hid a
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Unit bisnis; Daya saing; Mahasiswa; Perencanaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB3711 Business cycles. Economic fluctuations
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
Last Modified: 28 Oct 2016 04:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19730

Actions (login required)

View Item
View Item