PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SERTA KEMAMPUAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH PESAWAT ANGKAT JURUSAN TEKNIK MESIN - UNIMED MEDAN

Tambunan, Bisrul Hapis and Koto, Indra and Nurwihastuti, Dwi Wahyuni and Affandi, Marwan and Siregar, Syafiatun (2008) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SERTA KEMAMPUAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH PESAWAT ANGKAT JURUSAN TEKNIK MESIN - UNIMED MEDAN. Research Report. FT UNIMED, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian Metode Penemuan Terbimbing pada pembelajaran Pesawat Angkat, yang dilatar belakangi selama ini Dosen masih menerapkan metode pembelajaran Konvensional yang belum dapat menghasilkan prestasi mahasiswa yang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperinnen untuk membandingkan hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan strategi penyampaian pembelajaran menggunakan Metode Penemuan Terbimbing dengan hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran Metode Konvensional pada matakuliah Pesawat Angkat.Populasi penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin tahun akademik 2008/2009, sedangkan sampel adalah mahasiwa yang mengambil matakuliah Pesawat Angkat baik Regular dan Ekstensi yang berjumlah 20 orang. Pada tahap pertama dilakukan pembagian kelompok secara acak kemudian dilanjutkan dengan penetapan kelompok mana yang diberi Metode Penemuan Terbimbing. Untuk melihat homogenitas kelompok dilakukan uji t terhadap IPK kedua kelompok. Dari hasil perhitungan rnenunjukkan, untuk dk = n1 + n2 - 2 = 10+10-2=18,pada taraf signifikansi 5% harga ttabel = 2,080, ternyata thitung < ttabel (0.290 < 2.080) maka tidak ada perbedaan rata-rata IPK yang signifikan antara kelompok dengan pengajaran Dosen langsung dengan pengajaran Metode Penemuan Terbimbing. Atau dapat dikatakan bahwa kedua kelompok adalah memiliki kemampuan akademik yang homogen. Sehingga perlakuan dapat dilaksanakan. Selanjutnya kepada kedua kelompok diberi angket untuk menjaring motivasi belajar mahasiswa. Kemudian kedua kelompok dibagi lagi menjadi dua kelompok motivasi tinggi dan kelompok motivasi rendah.Hasil penelitian menunjukkan: 1. Hasil belajar mahasiswa pada Pesawat Angkat yang memperoleh penyampaian materi menggunakan Metode Penemuan Terbimbing lebih tinggi dari basil belajar mahasiswa yang memperoleh strategi penyampaian pembelajaran yang disajikan dengan Metode Konvensional.2. Hasil belajar mahasiswa yang memiliki Nilai Matematika tinggi, pada PesawatAngkat yang memperoleh penyampaian materi menggunakan Metode Penemuan Terbimbing lebih tinggi dari hasil belajar mahasiswa yang memiliki nilai matematika tinggi yang memperoleh strategi penyampaian pembelajaran dengan metode konvensional3. Hasil belajar mahasiswa yang memiliki Nilai Matematika rendah, pada PesawatAngkat yang memperoleh penyampaian materi menggunakan Metode Penemuan Terbimbing lebih tinggi dari pada basil belajar mahasiswa yang memiliki Nilai matematika rendah yang memperoleh strategi penyampaian pembelajaran yang disajikandengan Metode Konvensional. 4. Terdapat pengaruh interaksi antara strategi penyampaian pembelajaran dengan nilai Matematika mahasiswa terhadap hasil belajar Pesawat Angkat. berarti strategi penyampaian pembelajaran dari Nilai Matematika sama-sama mempengaruhi hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 621.8 Tam p
Keywords: Pesawat angkat; Matematika; Hasil belajar; Strategi pembelajaran; Penemuan terbimbing; Metode konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19726

Actions (login required)

View Item View Item