HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS DENGAN HASIL BELAJAR DEKORASI KUE SISWA JURUSAN TATA BOGA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 10 MEDAN

Rahmi, Ana and Adikahriani, and Kesuma, Nila and Sutanti, Siti and Wahidah, Siti (2008) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS DENGAN HASIL BELAJAR DEKORASI KUE SISWA JURUSAN TATA BOGA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 10 MEDAN. Research Report. FT UNIMED, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (913kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara (1) penggunaan media pembelajaran dengan basil belajar dekorasi kue, (2) kreativitas dengan hasil belajar dekorasi kue, dan (3) penggunaan media pembelajaran dan kreativitas secara bersama dengan hasil belajar dekorasi kue. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 10 Medan. Populasi penelitian ini adalah semua siswa SMK Negeri 10 Medan yang banyaknya 104 orang. Sampel penelitian banyaknya 35 orang yang dipilih secara random berdasarkan kelas. Data variabel dalarn penelitian ini adalah data kuantitatif berupa skor penggunaan media pembelajaran (X1), skor kreativitas (X2), dan skor hash belajar dekorasi kue (Y). Untuk memperoleh data tersebut digunakan instrumen dengan teknik angket penggunaan media pembelajaran, angket kreativitas, dan tes hasil belajar dekorasi kue. Sebelum ketiga instrumen ini digunakan terlebih dahulu divalidasi isi oleh pakar, dan diujicobakan untuk mengetahui reliabelitas dan validitas instrumen. Hasil uji Liliefors bahwa data galat taksiran regresi penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar dekorasi kue, dan data galat taksiran kreativitas terhadap mengajar efektif adalah berdistribusi normal. Hasil analisis varians bahwapersamaan regresi Y atas X1 yaitu Y = 73.189 + 0.127 X1 dan persamaan regresi Y atas X2 yaitu Y = 65.996 + 0.146 X2 adalah linier dan berarti. Hasil analisis regresi linier ganda dan korelasi parsial diperoleh bahwa terdapat hubungan yang positif antara penggunaan media pembelajaran dan kreativitas dengan hasil belajar dekorasi kue. Hal ini dilihat dari (1) persamaan regresi ganda Y = 38.731+ 0.252 X1 + 0.325 X2 linier dan berarti, (2) koefisien an dan az berpengaruh positif secara signifikan, (3) koefisien korelasi linier ganda Ry12= 0,95 adalah signifikan dengan kontribusinya sebesar 90,25 %.Secara parsial terdapat hubungan yang positif antara penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar dekorasi kue dan terdapat hubungan yang positif antara kreativitas dengan hasil belajar dekorasi kue. Hal ini dapat dilihat dari (1) koefisien korelasi parsial ry12 = 0,487 adalah signifikan dengan kontribusinya 23,72%, (2) koefisien korelasi parsial ry12 = 0,384 adalah signifikan dengan kontribusinya 14,75%.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 641.071 Rah h
Keywords: Dekorasi kue; Kreativitas; Media pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309 Consciousness. Cognition
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19725

Actions (login required)

View Item View Item