KLARIFIKASI KETANGGUHAN RETAK DINAMIS AKIBAT BEBAN IMPAK KOMPOSIT DENGAN SIMULASI FEM

Siregar, Riski Elpari and Siallagan, Sahala and Sitompul, Pardomuan and Alvan, Syahreza and Yulia, Erma (2008) KLARIFIKASI KETANGGUHAN RETAK DINAMIS AKIBAT BEBAN IMPAK KOMPOSIT DENGAN SIMULASI FEM. Research Report. FT UNIMED, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (772kB) | Preview

Abstract

Perkembangan bidang konstruksi dalam dunia industri terhadap kebutuhan material teknik semakin meningkat baik dari segi kualitas dan jumlah dengan harganya yang murah, sehingga pengembangan teknologi dari proses produksi atau manufaktur sebelum dipakai konsumen perlu diuji sifat mekaniknya. Melakukan pengujian secara langsung memerlukan biaya dan waktu yang lebih besar, sehingga perlu dilakukan pengujian pemodelan dengan bantuan komputer sebelum dilakukan uji langsung. Hal ini diperlukan karena dengan pemodelan secara simulasi akan sangat menghemat waktu dan kadang-kadang pengujian secara langsung tidak memungkinkan seperti pada material yang dipakai untuk bahan helmet, dimana helmet ini tidak memungkinkan dilakukan pengujian langsung pada pemakainya seperti helmet industri,Helmet industri yang digunakan oleh pihak perusahaan untuk para pekerja adalah terbuat dari bahan jenis polimer seperti; Polypropylene (PP), Polyethylene (PE.), pemakaian bahan dari segi kenyamanan sudah memadai, sedangkan ditinjau dari segi kekuatannya masih belum dapat dipastikan berapa kemampuannya menahan beban kejut (impak), sehingga perlu dilakukan pengujian untuk keselamatan pemakai helmet ini. Untuk ini maka perlu dilakukan penelitian terhadap material komposit yang akan digunakan sebagrai material helmet. Pengujian yang akan dilakukan dengan menggunakan pendekatan metode elemen hingga dengan spesimen yang berbentuk pelat komposit GFRP untuk mengetahui nilai ketangguhan retak dinamik akibat beban impak. Pengujian dilakukan dengan simulasi penggunaan Soft ware MSCNASTRAN45, dengan pemodelan material dengan bentuk dan dimensi spesimen animasi digunakan ukuran standard pengujian ASTM E-399 dengan menggunakan Single Edge Notched Bend (SENB) spesimen, dimana parameter ketangguhan retak berdasarkan faktur intensitas tegangan kritis (KT).Sifat mekanik dari material uji dalarn pemodelan diambil dari sifat Unsaturated Polyester Resin, Kemampuan mekanis dari Unsaturated Polyester resin adalah (Chawla, 1987)

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 620.1 Sir k
Keywords: Mekanik; Propagasi tegangan; Bahan matrik; Ketangguhan retak; Bahan komposit; Retak komposit
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial safety. Industrial accident prevention
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA401 Materials of engineering and construction. Mechanics of materials
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19724

Actions (login required)

View Item View Item