PENGARUH STRATEGI PENYAMPAIAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODUL DAN PEMBELAJARAN DOSEN LANGSUNG SERTA MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH AUTOCAD DI FT-MESIN UNIMED MEDAN

Silaban, Robert and Situmeang, Pangihutan and Gurning, Ricard and Purba, Bonaraja and Sitompul, Toyama (2008) PENGARUH STRATEGI PENYAMPAIAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODUL DAN PEMBELAJARAN DOSEN LANGSUNG SERTA MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH AUTOCAD DI FT-MESIN UNIMED MEDAN. Research Report. FT UNIMED, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian Modul pada pembelajaran AutoCad, yang dilatarbelakangi selama ini Dosen masih menerapkan pembelajaran langsung yang belum dapat menghasilkan prestasi mahasiswa yang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen untuk membandingkan hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan strategi penyampaian pembelajaran menggunakan Modul dengan hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran Dosen Langsung pada matakuliah AutoCad. Populasi penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin tahun akademik 2008/2009, sedangkan sampel adalah mahasiwa yang mengambil matakuliah AutoCad baik Regular dan Ekstensi yang berjumlah 23 orang. Pada tahap pertama dilakukan pembagian kelompok secara acak kemudian dilanjutkan dengan penetapan kelompok mana yang diberi Modul. Untuk melihat homogenitas kelompok dilakukan uji t terhadap IPK kedua kelompok. Dari basil perhitungan menunjukkan, untuk dk = n1 + n2 - 2 = 12+11-2=21,pada taraf signifikansi 5% harga ttabel = 2,080, tentyata thitung < ttabel (0.290 < 2.080) maka tidak ada perbedaan rata-rata IPK yang signifikan antara kelompok dengan pengajaran Dosen langsung dengan pengajaran Modul. atau dapat dikatakan bahwa kedua kelompok adalah memiliki kemampuan akademik yang homogen. Sehingga perlakuan dapat dilaksanakan.Selanjumya kepada kedua kelompok diberi angket diberi angket untuk menjaring motivasi belajar mahasiswa. Kemudian kedua kelompok dibagi lagi menjadi dua kelompok motivasi tinggi dan kelompok motivasi rendah. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Hasil belajar mahasiswa pada AutoCad yang memperoleh penyampaian materi menggunakan modul lebih tinggi dari hasil belajar mahasiswa yang memperoleh strategi penyampaian pembelajaran yang disajikan oleh Dosen langsung. 2. Hasil belajar mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, pada AutoCad yang memperoleh penyampaian materi menggunakan modul lebih tinggi dati hasil belajar mahasiswa yang memiliki motivasi tinggi yang memperoleh strategi penyampaian pembelajaran yang disajikan oleh Dosen langsung. 3. Hasil belajar mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah, pada AutoCad yang memperoleh penyampaian materi menggunakan modul lebih tinggi dari pada hasil belajar mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang rnemperoleh strategi penyampaian pembelajaran yang disajikan oleh Dosen Ian gsung4. Terdapat pengaruh interaksi antara strategi penyampaian pembelajaran dengan motivasi belajar mahasiswa terhadap hasil belajar AutoCad, berarti strategi penyampaian pembelajaran dan motivasi belajar sama-sama mernpengaruhi hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 604.2 Sil p
Keywords: AutoCad; Motivasi belajar; Strategi pembelajaran; Dosen; Modul
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19723

Actions (login required)

View Item View Item