ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP MARKETING ENDORSER DAN HUMOR DALAM IKLAN SEPEDA MOTOR YAMAHA (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT LINGKUNGAN VI PASAR V MARELAN MEDAN)

Agustini, Fauzia and Harmen, Hilma and Syahreza, Dina Sarah and Hafnizar, Syarifah and Wardani, Nurul (2008) ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP MARKETING ENDORSER DAN HUMOR DALAM IKLAN SEPEDA MOTOR YAMAHA (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT LINGKUNGAN VI PASAR V MARELAN MEDAN). Research Report. FE Unimed, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif antara marketing endorser dan humor dalam iklan sepeda motor Yamaha terhadap persepsi konsumen. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat Lingkungan VI Pasar V Marelan Medan dengan sampel sebanyak 81 KK yang diambil secara purposive sampling, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuestioncr kepada rosponden dan rnengurnpulkannya kembali. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan rumus Y = a + b1X1 + b2X2 dan untuk mengetahui besarnya pengaruh marketing endorser dan humor terhadap persepsi konsumen digunakandeterminasi (R2)Setelah dilakukan pengolahan data dengan bantuan SPSS for Windows 16.0 maka diperoleh persamaan regresi Y = 23.289 + 0.283 X1 + 0,255 X2. Selanjutnya diperoleh koefisien deterrninasi (R2) sebesar 0.210 atau 21% yang berarti variabel marketing endorser dan humor mempengaruhi variabel persepsi konsumen pada masyarakat Lingkungan VI Pasar V Marelan Medan sebesar 21% dan selebihnya dipengaruhi faktor-faktor lainUntuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan uji t, kemudian diperoleh thitung masing-masing variabel yaitu 2.598 (marketing endorser), 2322 (humor) sedangkan ttabel sebesar 1.667 (thitung > ttabel) yang berarti hipotesis diterima yaitu ada pengaruh yang positif antra marketing endorser dan humor dalam iklan sepeda motor Yamaha terhadap persepsi konsumen pada masyarakat Lingkungan VI Pasar V Marelan Medan_Selain itu juga dilakukan uji F (ANOVA) menghasilkan Fhitung > Ftabel 10.379 > 3 44. Dengan demikian variabel marketing endorser dan humor dalam iklan produk sepeda motor Yamaha secara bersama-sama berpengaruh terhadap persepsi konsumen pada masyarakat Lingkungan VI Pasar V Marelan Medan.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 658.834 2 Agu a
Keywords: Periklanan; Humor; Persepsi; Konsumen; Media periklanan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB801 Consumption. Demand
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5410 Marketing. Distribution of products
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19722

Actions (login required)

View Item View Item