KEBUTUHAN TERHADAP PENGETAHUAN TEKNOLOGI INFORMASI YANG HARUS DIKUASAI OLEH AKUNTAN (STUDI PERSEPSI DOSEN AKUNTANSI DI KOTA MEDAN)

Rizal, Muhammad and Ishak, M. and Jumiadi, A.W. and Darma, Jufri and Khairunnisa, (2008) KEBUTUHAN TERHADAP PENGETAHUAN TEKNOLOGI INFORMASI YANG HARUS DIKUASAI OLEH AKUNTAN (STUDI PERSEPSI DOSEN AKUNTANSI DI KOTA MEDAN). Research Report. FE Unimed, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mencoba melihat dimensi baru dari pentingnya pengetahuan sistem teknologi informasi yang harus di kuasi oleh akuntan dengan melihat pada staf pengajar, dengan pemikiran dosen adalah sosok pengajar yang memberikan asupan pengetahuan pada mahasiswa yang idealnya memahami perkembangan teknologi informasi termasuk apa yang akan di butuhkan oleh oleh mahasiswa ketika ia telah menjadi seorang akuntan, tingginya persepsi dosen akan berdampak pada tingginya kualitas ilmu yang akan di berikan dosen kepada mahasiswa termasuk pengetahun sistem teknologi informasi yang harus dikuasai oleh akuntan.Penelitian ini dilakukan pada dosen akuntansi yang mengajar pada Universitas dan sekolah tinggi yang ada di kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah Dosen Akuntansi yang ada di wilayah kota Medan, dari 106 kuisioner yang disebar hanya 93 kuisioner yang dapat di olah.Hasil pengujian Hipotesis pertama tidak di dukung olch data yang berarti dosen akuntansi mempersepsikan bahwa pengetahuan PC (Personal Computer), pengetahuan desain dan pengembangan sistem, pengetahuan paket akuntansi, pengetahuan EDP auditing dan pengetahuan babasa pemrograrnan tidak harus dikuasai oleh akuntan. Artinya dosen akuntansi secara keseluruhan berpendapat tidak mengharuskan seorang akuntan harus menguasai seluruh sistem teknologi informasi. Hasil pengujian one-way anova menunjukkan bahwa hipotesis kedua tidak terdukung yang berarti bahwa tidak ada perbedaan persepsi dosen akuntansi yang dibedakan berdasarkan jenis profesi akuntansi (akuntan publik akuntan intern, akuntan pemerintah dan akuntan pendidik) terhadap pengekhuan sistem teknologi informasi yang harus dikuasai oleh akuntan.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 004.6 Riz k
Keywords: Teknologi informasi; Akuntan; Persepsi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19720

Actions (login required)

View Item View Item