PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MAHASISWA PGSD FIP UNIMED

Simbolon, Naeklan and Simanjuntak, Eva Betty (2008) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MAHASISWA PGSD FIP UNIMED. Research Report. FIP Unimed, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang memperoleh pembelajaran CTL dan tanpa CTL ; (2) perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dan .field independent, (3) interaksi antara pendekatan pembelajaran CTL dan gaya kognitif mahasiswa terhadap hasil belajar.Penelitian ini dilaksanakan pada PGSD FIP Universitas Negeri Medan, Tahun Akademik 2007/2008. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan factorial 2 x 2, variabel bebas penilaian ini adalah (1) pembelajaran CTL, (2) gaya kognitif mahasiswa sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar Bahasa Inggris.Populasi penelitian adalah. mahasiswa PGSD FIP Universitas Negeri Medan. sample diarnbil dari 2 kelas sebanyak 60 orang mahasiswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data (1) tes hasil belajar berbentuk tes objektif: (2) tes gaya kogitif rnenggunakan Group Embedded Figures Test (GEFT) yang dikembangkan oleh Within dan Oltman. Metode analisis data menggunakan ANAVA 2 x 2.Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) tidak terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Inggris antara mahasiswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran CTL dan tanpa CTL (F hitung = 4, 43< F tabel = 4,00), (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Inggris antara mahasiswa yang memiliki gaya kogintif field dependent dan field independent , (F hitung = 0,97 < F tabel = 4,00), (3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran CTL dan gaya kognitif mahasiswa yang rnemberikan perbedaan pengaruh terhadap hasil belajar Bahasa inggris ( Fhitung = 0,11< F table = 4,00).Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaranCTL cocok diberikan kepada mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dan.field independen.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 371.33 Sim p
Keywords: Model pembelajaran; Gaya kognitif; Pembelajaran kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19719

Actions (login required)

View Item View Item