PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ASSESMEN DAN TUTOR SEBAYA DENGAN PENGUNGKAPAN MASALAH BELAJAR MAHASISWA DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MEKANIK OTOMOTIF

Bahar, Andi and Silaban, R. (2008) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ASSESMEN DAN TUTOR SEBAYA DENGAN PENGUNGKAPAN MASALAH BELAJAR MAHASISWA DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MEKANIK OTOMOTIF. Research Report. FT UNIMED, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah-masalah belajar yang dialami oleh mahasiswa, dan mengetahui apakah dengan pengungkapan dan pemecahan masalah belajar mahasiswa yang diikuti dengan metode pembelajaran tutorial dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah mekanik Otomotif.Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimental (penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan, pada tahun akademik 2007/2008.Populasi penelitian adalah mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, sedangkan sampel penelitian adalah 25 orang yang diambil dari mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Mekanik Otomotif pada semester genap tahun akademik 2007/2008 di Jurusan Teknik Mesin program studi S1 kelas A, dengan kelompok kontrol adalah kelas paralel S1 kelas B. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji-t, dengan taraf kepercayaan yang digunakan sebesar 0.95, diperoleh nilai t-hitung sebesar 0,012 dengan t-tabel 2,06.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (I) masalah yang dialami oleh mahasiswadalam pembelajaran mekanik otomotif masalah umum berupa karir dan pekerjaan serta pendidikan dan pelajaran, sedangkan masalah yang, berhubungan dengan mutu belajar adalah kurangnya keterampilan belajar, (2) metode permbelajaran tutorial dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah mekanik otomotif, ini terlihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata dari 12,64 menjadi 33,24, dan (3) Pola pelaksanaan pengajaran assesmen dan tutor sebaya yang efektif dan efisien dalam pembelajaran mekanik otomotifadalah dengan terlebih dahulu mengungkapkan masalah mahasiswa dan bekal awalakademik mahasiswa. Setelah itu diadakan bimbingan yang dilanjutkan dengan prosesbelajar mengajar sambil mengadakan identifikasi kesulitan penguasaan konten kuliah.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 624.2 Bah p
Keywords: Model pembelajaran; Tutor sebaya; Pembelajaran assesmen; Prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19717

Actions (login required)

View Item View Item