PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

Situmeang, Pangihutan and Purba, Saut (2008) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. Research Report. FT UNIMED, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil Fisika, (2) pengaruh Kemampuan awal terhadap hasil belajar Fisika, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan Kemampuan Awal terhadap hasil belajar Fisika. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan populasipenelitian berjumlah 351 orang siswa siswa kelas VIII SMP Methodist 2 Medan, dengan sampel berjumlah 40 orang yang terpilih dengan teknik cluster random sampling, yang sebelumnya diberikan tes kemampuan awal untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data guna menguji hipotesis penelitian adalah tes. Sebelum pengumpulan data dilakukan terlebih dahulu instrumen penelitian diuji validitas dengan korelasi Point Bisereal dan realibilitasnya dengan menggunakan rumus KR-20. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur, yang terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Liliefours dan uji Homogenitas varians dengan uji Barlett.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar Fisika antara kelompok siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran kooperatif lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diajarkan dengan Strategipembelajaran Konvensional, yang ditunjukkan oleh Fhitung = 24, 13 > Ftabel = 4.11pada taraf signifikan a = 0,05; (2) Hasil belajar Fisika berbecia antara kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemampuan awal rendah , yang ditunjukkan oleh Fhitung 25, 40 > Ftabel = 4,11 pada taraf signifikan a = 0,05 dan (3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan awal siswa, yang ditunjukkan oleh Fhitung = 0, 13 < Ftabel = 4,11 pada taraf signifikan a = 0,05.Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan hagi para guru mata pelajaran Fisika agar menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan awal siswa siswa.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 507 Sit p
Keywords: Strategi pembelajaran; Kemampuan awal; Hasil belajar; Pembelajaran kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19715

Actions (login required)

View Item View Item