PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT HIASAN BUSANA DARI SISWA SMK NEGERI 10 MEDAN

Lubis, Lily Herawati and Tobing, Marnala and Tampubolon, Hotmaria (2008) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT HIASAN BUSANA DARI SISWA SMK NEGERI 10 MEDAN. Project Report. FT UNIMED, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil Membuat Hiasan Busana, (2) pengaruh Minat Baca terhadap hasi belajar Membuat Hiasan Busana, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran Jan Minat Baca terhadap basil belajar Membuat Hiasan Busana. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian berjumlah 99 orang siswa siswa tibgkat II SMK Negeri 10 Medan, dengan sampel berjumlah 30 orang yang terpilih dengan teknik cluster random sampling, yang sebelumnya diberikan angket Minat Baca untuk mengetahui Minat Baca siswa. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data guna menguji hipotesis penelitian adalah tes. Sebelum pengumpulan data dilakukan terlebih dahulu instrumen penelitian diuji validitas dengan korelasi Point Bisereal dan realibilitasnya dengan menggunakan rumus KR-20. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dart statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur, yang terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji Homogenitas varians dengan uji Barnett. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar Membuat Hiasan Busana antara kelompok siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Kontekstual leoih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diajarkan dengan Strateg pembelajaran Konvensional, yang ditunjukkan oleh Fhitung = 7,471 > Ftabel = 4,00 pada taraf signifikan a = 0,05; (2) Hasil belajar Membuat Hiasan Busana berbeda antara kelompok siswa yang memiliki Minat Baca tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki Minat Baca rendah, yang ditunjukkan oleh Fhitung = 10,882 > Ftabel = 4,00 pada taraf signifikan a = 0,05 dan 3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan Minat Baca siswa, yang ditunjukkan oleh Fhitung = 5,17 > Ftabel = 4,00 pada taraf signifikan a = 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi para guru mata pelajaran Membuat Hiasan Busana agar menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan Minat Baca siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: 646.071 Lub p
Keywords: Hiasan busana; Strategi pembelajaran; Pembelajaran kontekstual; Minat baca
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs > GT500 Costume. Dress. Fashion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
Last Modified: 25 Oct 2016 09:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19709

Actions (login required)

View Item
View Item