FUNGSI UANG JUJUR (SINAMOT) PADA PERKAWINAN MENURUT ADAT MASYARAKAT BATAK TOBA DI DESA SABUNGAN HUTA KECAMATAN RONGGUR NI HUTA KABUPATEN SAMOSIR

Simalango, Rumasta and Melianti, Yusna (2011) FUNGSI UANG JUJUR (SINAMOT) PADA PERKAWINAN MENURUT ADAT MASYARAKAT BATAK TOBA DI DESA SABUNGAN HUTA KECAMATAN RONGGUR NI HUTA KABUPATEN SAMOSIR. JUPIIS, 03 (11). pp. 30-40.

[img]
Preview
Text
RumastaSimalangoYusnaMelianti.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Uang jujur masih mempunyai fungsi yang sangat kuat pada perkawinan menurut adat masyarakat Batak Toba khususnya di Desa Sabungan Ni Huta Kecamatan Ronggur Ni Huta Kabupaten Samosir. Fungsi Sinamot adalah syarat sah nya suatu perkawinan, syarat hubungan kekerabatan, terhitung dalam adat, syarat dapat mengunjungi dan meminta bantuan kepada keluarga pihak perempuan. Karena begitu pentingnya sinamot orang yang sudah meninggal dunia dan belum membayar sinamot harus tetap membayarnya yang diwakili oleh saudaranya. Pemberian sinamot bukan semata-mata untuk mencari keuntungan melainkan untuk mengikatkekerabatan antarapihak perempuan dan pihak laki-laki. Dalam pemberian sinamot harus dihadiri unsur Dalihan Na Tolu. Oleh karena itu sinamot sangat berpengaruh terhadap kelangsungan pesta perkawinan masyarakat Batak Toba.

Item Type: Article
Keywords: Uang jujur; Perkawinan; Masyarakat Batak Toba
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Mar 2016 10:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item View Item