EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MACROMEDIA FLASH DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH AUTENTIK

Sihombing, Ismadi (2016) EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MACROMEDIA FLASH DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH AUTENTIK. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
(1) NIM. 8146175016 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(2) NIM. 8146175016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(3) NIM. 81146175016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(4) NIM. 8146175016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(5) NIM. 8146175016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(6) NIM. 8146175016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(7) NIM. 8146175016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(8) NIM. 8146175016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(9) NIM. 8146175016 BAB I.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(13) NIM. 8146175016BAB V.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(14) NIM. 8146175016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : efek model Problem Based Learning dengan macromedia flash terhadap keterampilan pemecahan masalah autentik siswa, untuk mengetahui efek berpikir kritis terhadap keterampilan pemecahan masalah autentik siswa dan untuk mengetahui interaksi antara model Problem Based Learning dan berpikir kritis terhadap keterampilan pemecahan masalah autentik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pematangsiantar. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling yaitu kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen diterapkan model Problem Based Learning menggunakan macromedia flash dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen keterampilan pemecahan masalah dalam bentuk essai sebanyak 5 soal dan instrumen berpikir kritis bentuk essai sebanyak 5 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa keterampilan pemecahan masalah autentik siswa yang menerapkan model Problem Based Learning menggunakan macrodia flash lebih baik daripada keterampilan pemecahan masalah dengan pembelajaran konvensional. Keterampilan pemecahan masalah autentik siswa yang memiliki berpikir kritis tinggi lebih baik daripada keterampilan pemecahan masalah autentik siswa yang memiliki berpikir kritis rendah. Model Problem Based Learning menggunakan macromedia flash dan berpikir kritis berinteraksi dalam mempengaruhi keterampilan pemecahan masalah autentik siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Mara Bangun195603031984031003
Thesis advisorSirait, Makmur196303061989031009
Call Number: 530.071 2 Sih e
Keywords: Model problem based learning; Macromedia flash; Berpikir kritis; Keterampilan pemecahan masalah autentik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 Sep 2016 03:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19552

Actions (login required)

View Item View Item